• Jumat, 12 Agustus 2022

Kampung Nelayan Sadeng di Gunungkidul Terendam Banjir, Tak Ada Korban Jiwa

- Kamis, 11 November 2021 | 14:54 WIB
Banjir melanda Kampung Nelayan Sadeng di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (11/11/2021).  (ANTARA/HO-TRC Gunungkidul)
Banjir melanda Kampung Nelayan Sadeng di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (11/11/2021). (ANTARA/HO-TRC Gunungkidul)



GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Kabupaten Gunungkidul.


Banjir antara lain merendam kampung nelayan dan kawasan pelabuhan Sadeng di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (11/11/2021).

"Air mulai menggenangi kampung nelayan dan kawasan Pelabuhan Sadeng sejak pukul 07.00 WIB dengan tinggi (genangan) antara 0,5 meter hingga satu meter. Saat ini, masyarakat dan petugas berupaya membuat aliran supaya air tidak menggenang," kata Koordinator SAR Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah I Gunung Kidul Sunu Handoko.

Baca Juga: Oknum Guru Penganiaya Siswa Hingga Meninggal di NTT, Dikenal Sering Lakukan Kekerasan

Berdasarkan laporan warga dan pantauan petugas di lapangan, ia mengatakan, air dari daerah permukiman yang lebih tinggi mengalir ke kawasan Sadeng melalui alur Sungai Purba.

Sunu mengatakan, warga kampung nelayan sebagian diungsikan di Pos TNI AL saat banjir melanda permukiman mereka.

"Sampai saat ini, tidak ada laporan korban jiwa. Kami berusaha menyelamatkan benda berharga milik nelayan yang ada di kampung nelayan supaya tidak hanyut terbawa air," katanya.

Baca Juga: Erick Thohir Ingatkan Pentingnya Peta Jalan Pembukaan Lapangan Kerja

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Edy Basuki mengatakan bahwa banjir meliputi beberapa bagian wilayah Girisubo, termasuk kawasan pantai dan kampung nelayan Sadeng.

Namun, ia melanjutkan, BPBD belum menerima laporan yang lebih terperinci mengenai dampak banjir di wilayah tersebut.*

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X