• Rabu, 8 Desember 2021

Bupati Sleman: OSS Permudah Perizinan, Termasuk NIB bagi UMKM

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:42 WIB
Kustini Sri Purnomo melihat hasil UMKM Nogotirto. (Foto: Humas Pemkab Sleman)
Kustini Sri Purnomo melihat hasil UMKM Nogotirto. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

SLEMAN, harianmerapi.com - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sleman mensosialisasikan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Versi OSS NBA bagi UMKM Nogotirto, Kapanewon Gamping, Selasa (12/10/2021) di Gedung Balai Kalurahan Nogotirto, Gamping.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo hadir dan membuka secara langsung kegiatan tersebut. Menurutnya, manfaat Online Single Submission (OSS) mempermudah berbagai perizinan.

Hal tersebut mencakup prasyarat untuk melakukan usaha, seperti izin mengenai lokasi, lingkungan dan juga bangunan.

Baca Juga: Link Streaming KS Tiga Naga Vs PSPS Riau, Kick Off Pukul 18.15

“Saya berharap para pelaku UMKM yang hadir dapat memanfaatkan sosialisasi ini sebaik mungkin. Semoga kegiatan ini dapat menjadi media untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM di Kalurahan Nogotirto dalam pembuatan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) UMKM.,” katanya.

Kustini menambahkan, dengan tertib administrasi seperti adanya NIB tentu akan menambah nilai jual produk UMKM.

“Apalagi saat ini Pemkab Sleman juga tengah mendorong para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produk–produknya di toko modern. Sehingga saya berharap seluruh pelaku UMKM Sleman dapat siap, baik dari sisi kualitas produk dan pemasaran maupun dalam hal administratif UMKM,” tegasnya.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 21: Perang Terselubung Dua Istri

OSS adalah singkatan dari Online Single Submission. Ini merupakan bentuk perizinan untuk melakukan usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS yang berwenang. Izin ini disetujui dibawah nama menteri, gubernur, walikota/bupati atau pimpinan lembaga.

Bentuk izin ini diberikan kepada setiap pelaku usaha dengan menggunakan sistem integrasi secara elektronik.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X