• Senin, 6 Desember 2021

DLH-BPBD Gunungkidul Data Pohon Rawan Tumbang Saat Memasuki Musim Pancaroba

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 15:47 WIB
Ilustrasi pohon tumbang (Dok Merapi)
Ilustrasi pohon tumbang (Dok Merapi)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul melakukan antisipasi menghadapi potensi cuaca ekstrem di musim pancaroba ini, yang bisa berpotensi menyebabkan terjadinya pohon tumbang.

Sekretaris DLH Gunungkidul Aris Suryanto mengatakan pihaknya sudah melakukan identifikasi terhadap pohon-pohon yang berpotensi rawan tumbang.

"Pendataan sudah kami lakukan hampir di semua ruas jalan umum," katanya Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Warga Gruduk Rumah Guru Ngaji di Gunungkidul, Pelaku Oknum PNS Cabuli Bocah dengan Dalih Usir Jin

Menurutnya, identifikasi pepohonan di jalur umum jadi salah satu langkah antisipasi menghadapi potensi cuaca ekstrem. Adapun prosesnya dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan dan Pertamanan.

Sedangkan untuk proses identifikasi lainnya, Aris mengatakan bergantung pada laporan masyarakat. Sebab itu pihaknya meminta warga bisa menginformasikan atau mengajukan permohonan ke DLH untuk penanganan pohon yang rawan tumbang.

Seperti pohon-pohon yang sudah terlihat lapuk, itu kami tangani. Untuk pohon yang dinyatakan lapuk akan langsung ditangani dengan cara ditebang.

Baca Juga: Menyambut Hari Wayang Sedunia, Seratusan Karya Seni Wayang akan Menghiasi Bandara YIA

"Sedangkan untuk pohon yang terlalu rimbun dan juga berpotensi tumbang, dilakukan perampingan atau pemangkasan," imbuhnya.

Sementara untuk titik rawan yang berpotensi terdampak pohon tumbang tahun ini jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X