• Jumat, 12 Agustus 2022

Meski Level PPKM Turun, Varian Delta Masih Mengancam, Simak Penjelasan Pakar

- Rabu, 29 September 2021 | 15:47 WIB
Serbuan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dilakukan Kodim 1006/Banjar di Kota Banjarbaru untuk mendukung pembelajaran tatap muka. (ANTARA/Firman)
Serbuan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dilakukan Kodim 1006/Banjar di Kota Banjarbaru untuk mendukung pembelajaran tatap muka. (ANTARA/Firman)


BANJARMASIN, harianmerapi.com - Meski saat in ada tren penurunan PPKM, namun Covid-19 varian Delta masih potensial mengancam. Kondisi ini harus terus diwapadai.

Hal tersebut disampaikan anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Hidayatullah Muttaqin SE, MSI, Pg.D1 di Banjarmasin, Rabu (29/9/2021).


"September ini varian Delta masih menjadi varian dominan di Indonesia yaitu 59 persen dari total kasus penularan berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan," kata Hidayatullah Muttaqin.

Baca Juga: Waspada, Obesitas Bisa Tingkatkan Risiko Meninggal Akibat Serangan Jantung

Menurut Muttaqin, Indonesia perlu bercermin pada situasi negara-negara ASEAN, Amerika Serikat dan Inggris yang sedang mengalami lonjakan kasus akibat varian Delta. Di sisi lain, terjadi peningkatan mobilitas penduduk dan diterapkannya sekolah tatap muka.

Ledakan kasus di Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam pada 1-27 September mencapai 2,5 hingga 4 kali lipat kasus Covid-19 di Indonesia pada periode yang sama.

Situasi serupa juga dialami Singapura, padahal capaian vaksinasi, disiplin prokes dan upaya 3T negara ini sudah sangat tinggi dibandingkan Indonesia.

Baca Juga: Ingin Bisnis Melejit di Masa Krisis, Ikuti Jurus PPKM Ala Business Coach Ridwan Abadi

Sementara kasus Amerika Serikat dan Inggris pada periode yang sama bertambah sebanyak 3,8 juta dan 0,9 juta kasus baru. Bahkan kasus pada anak usia sekolah meningkat hampir satu juta dalam 4 minggu di AS seiring dengan sudah dibukanya sekolah tatap muka.

Untuk itulah, Muttaqin mengingatkan penurunan tingkat penularan dan kasus Covid-19 pada September ini tidak memicu pelonggaran kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat yang tidak terkontrol.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo terancam hukuman mati

Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:55 WIB
X