• Selasa, 19 Oktober 2021

KPK Minta ICW Gunakan Data Valid dalam Menilai Kinerja Pemberantasan Korupsi

- Selasa, 14 September 2021 | 12:35 WIB
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.  (ANTARA/HO-Humas KPK)
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (ANTARA/HO-Humas KPK)


JAKARTA, harianmerapi.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi apresiasi kepada lembaga seperti Indonesia Corruption Watch (ICW) yang konsen terhadap pemberantasan korupsi.


Namun dalam memberi penilaian, KPK meminta ICW mengacu pada data dan informasi yang valid atas penilaian kinerja KPK semester I 2021.


Diketahui, ICW memberikan nilai buruk atas kinerja penindakan KPK bersama beberapa instansi penegakan hukum lain sepanjang semester I 2021.

"KPK mengapresiasi semua pihak yang konsen terhadap isu pemberantasan korupsi dan memberikan rapor atau penilaiannya terhadap kinerja lembaga yang diberi kewenangan melaksanakan tugas itu. Namun, sebagai pelaksanaan fungsi kontrol, penilaian itu semestinya mengacu pada data dan informasi yang valid agar ketika disampaikan ke publik tidak menimbulkan mispersepsi," ucap Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah 2 Orang, Total Jadi 48 Orang

 

Sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitasnya kepada publik, lanjut dia, KPK telah menyampaikan capaian kinerja selama semester I 2021 secara terbuka, dari pelaksanaan fungsi pencegahan, penindakan, dan pendidikan antikorupsi.

"Pada pelaksanaan fungsi penindakan selama semester I 2021, KPK telah melakukan 77 penyelidikan, 35 penyidikan, 53 penuntutan, dan 35 eksekusi. Dari 35 sprindik tersebut, KPK telah menetapkan 50 orang tersangka dengan total pengembalian asetnya sebesar Rp171,23 miliar," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan, KPK melalui koordinasi dan supervisi bersama pemerintah daerah juga berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara senilai Rp22,27 triliun.

Baca Juga: Perpustakaan Mampu Cegah Hoaks dan Plagiarisme, Ini Alasannya

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Kasus Korupsi Bupati Muba. KPK Tahan Empat Tersangka

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:03 WIB
X