• Rabu, 20 Oktober 2021

Pengajian Rutin Ponpes Darul Quran Imam Asy Syafii Kulon Progo Urai Hikmah Sedekah

- Senin, 13 September 2021 | 07:58 WIB
 Pimpinan Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ) KH Puji Hartono pada Pengajian Ahad ke-2 di Ponpes Darul Qu'ran Imam Asy Syafii, Minggu 12 September 2021 (Istimewa)
Pimpinan Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ) KH Puji Hartono pada Pengajian Ahad ke-2 di Ponpes Darul Qu'ran Imam Asy Syafii, Minggu 12 September 2021 (Istimewa)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Orang yang gemar bersedekah akan dimudahkan dalam berbagai urusan. Di samping itu, orang yang enteng dalam bersedekah akan hidup bahagia di dunia. Uraian hikmah sedekah tersebut disampaikan Pimpinan Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ) KH Puji Hartono pada Pengajian Ahad ke-2 di Ponpes Darul Qu'ran Imam Asy Syafii, Minggu 12 September 2021.

Ketua Pengurus Pesantren Ir Pramono Sigit menuturkan, pengajian rutin Ahad ke-2 kembali digelar setelah libur dua bulan akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pada kesempatan itu juga digalang donasi pembangunan asama santri putra dan terkumpul sumbangan sebesar Rp 13.219.000.

Pramono Sigit menjelaskan, perolehan sumbangan tersebut dialokasikan untuk kebutuhan biaya pembangunan gedung calon asrama santri putra dan rumah ustaz. Bangunan menempati tanah wakaf seluas 519 meter di Padukuhan Jamus RT 36 RW 15 Pengasih, Kulon Progo.

Baca Juga: Lima Sifat-sifat Lemah yang Jadi Bawaan Manusia

"Kebutuhan dana untuk gedung asrama santri putra dengan 6 kamar ditambah fasilitas 6 toilet, dapur, sarana MCK, dan tempat jemur sebesar Rp 565 juta. Kebutuhan dana yang mendesak dan harus segera terkumpul Rp 132,5 juta diantaranya untuk membayar upah tukang. Sedangkan bahan bangunan mengambil di toko bangunan terlebih dahulu. Pembayaran dengan dicicil," kata Pramono Sigit.

Dikatakannya, proses pembangunan calon asrama putra dilaksanakan setelah proses wakaf tanah dari keluarga Dasiyem selesai. Peletakan batu pertama bertepatan dengan HUT ke-76 Republik Indonesia 17 Agustus lalu dan ditarget selesai dalam 3,5 bulan.

Menurut Pramono Sigit, pembangunan gedung terbilang mendesak lantaran kapasitas asrama santri di kompleks Tunjungan melebihi kapasitas seiring bertambahnya jumlah santri. "Pengajian kali ini kembali terlaksana setelah sebelumnya libur dua bulan. Kami berkonsultasi dengan pihak terkait dan bisa kembali dilaksanakan dengan tetap menaati prosedur kesehatan," tutur Pramono Sigit.

Baca Juga: Masakan Langka Sop Karasan, Gurih dan Hangatkan Badan

Sementara itu, dalam ceramah bertema 'Harta yang Menarik Pemiliknya ke Syurga' KH Puji Hartono menjelaskan berbagai hikmah bersedekah dan beramal jariyah. Dalam ceramahnya Kang Puji menyebutkan hikmah bersedekah diantaranya akan dimudahkan dalam segala urusan. Orang yang bersedekah akan bahagia hidupnya di dunia. Bersedekah juga bisa membawa perbaikan nasib bagi orang yang melakukannya.

"Percaya tak percaya. Jalani saja, praktik, praktik dan praktikkan. Maka siapa yang bersedekah akan merasakan kebahagiaan hidup di dunia. Menyucikan harta dengan bersedekah juga akan dimudahkan urusannya. Dan bagi orang yang bersedekah Alloh akan kasih rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka," ujarnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masyarakat Jangan Merasa Sudah Aman dari Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Nelayan Kulon Progo Dimotivasi untuk Terus Melaut

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:55 WIB
X