Aplikasi PeduliLindungi Permudah Aktivitas Masyarakat, Lebih Praktis dan Efektif

- Jumat, 3 September 2021 | 15:13 WIB
 Illustrasi sejumlah masyarakat melakukan kegiatan sosial di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan (3/9/2021).  (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)
Illustrasi sejumlah masyarakat melakukan kegiatan sosial di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan (3/9/2021). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

JAKARTA, harianmerapi.com - Aplikasi PeduliLindungi akan mempermudah masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, misalnya ke bandara, pusat perbelanjaan dan sebagainya.


Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K. Ginting mengatakan aplikasi PeduliLindungi secara efektif dapat mempermudah masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan menjadi lebih cepat dan mudah.

“Aplikasi ini memudahkan misalnya di bandara, kita tidak perlu berlama-lama. Cukup dengan menekan NIK bisa berjalan dengan cepat. Demikian kalau kita memasuki toko perbelanjaan, dengan screen shoot barcode saat melakukan scanning, maka itu bisa berjalan dengan cepat,” kata Alexander di Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: Putusan MK Mengenai TWK Sudah Final, Tapi Menyisakan Masalah, Simak Pandangan Hamdan Zoelva

Alexander menjelaskan, tujuan dibuatnya aplikasi PeduliLindungi antara lain mempermudah administrasi kesehatan masyarakat saat melakukan suatu kegiatan, mengurangi kontak fisik antar individu juga memberikan informasi terkait tingkat bahaya Covid-19 di suatu daerah dan vaksinasi.

Aplikasi tersebut, kata dia, dapat dimanfaatkan sebagai paspor kesehatan saat seseorang akan berpergian. Hal tersebut akan membantu masyarakat mencatat tempat-tempat yang pernah dikunjungi, sehingga mempermudah pendektesian penularan Covid-19.

“Jadi aplikasi itu berguna untuk yang bersangkutan sebagai paspor dia pergi ke mana-mana dan sebagai alat untuk mengendalikan bahwa kapan dia vaksin, kapan dia pemeriksaan PCR, sehingga tercatat semua di aplikasi tersebut,” kata dia.

Baca Juga: Sertifikat Vaksin Presiden Jokowi Dikabarkan Bocor, Ini Tanggapan Kominfo

Selain mempermudah aktivitas melalui data kesehatan, dia mengatakan aplikasi itu juga efektif mencegah penularan Covid-19, karena kondisi seseorang dapat diketahui berdasarkan warna-warna yang muncul atau berubah pada aplikasi.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X