Inilah Panduan Sederhana untuk Jaga Keamanan Data Pribadi

- Rabu, 8 Desember 2021 | 09:13 WIB
Ilustrasi perlindungan data pribadi.  (Pixabay)
Ilustrasi perlindungan data pribadi. (Pixabay)



JAKARTA, harianmerapi.com - Menjaga keamanan data pribadi sangatlah penting. Guna melindungi data pribadi dari penyalahgunaan oleh orang tak bertanggung jawab, ada panduan sederhana yang bisa diterapkan.


Hal ini disampaikan Senior VP Public Policy and Government Relations GoTo Financial, Anita Sukarman yang dikutip keterangannya Rabu (8/12/2021).

Anita mengatakan panduan sederhana untuk memasyarakatkan pentingnya menjaga keamanan data pribadi ini bertajuk 'JAGA'.

Baca Juga: Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Perlu Pendampingan Psikologi

Menurutnya, panduan tersebut merupakan upaya GoTo Financial sebagai tekfin untuk terus meningkatkan literasi digital guna membentuk masyarakat dan kelompok konsumen yang cerdas dalam memanfaatkan teknologi.

Adapun JAGA merupakan singkatan untuk Jangan transaksi di luar aplikasi; Amankan data pribadi, seperti kode OTP, kata sandi, atau nama ibu kandung.

 

Lebih lanjut, Gunakan PIN dan biometrik untuk transaksi; dan Adukan hal mencurigakan kepada layanan pelanggan dan pihak berwajib jika menjadi korban penipuan.

Baca Juga: Informasi Ketersediaan Kantong Darah PMI Temanggung, Giliran Kantong Golongan Darah AB Krisis

"Edukasi langkah JAGA ini juga diberikan kepada mitra usaha di ekosistem GoTo Financial agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan langkah keamanan digital dalam keseharian mereka mengelola usaha. Salah satunya dengan cara memanfaatkan fitur kelola pegawai bagi mitra GoBiz dan MOKA," kata Anita.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X