• Kamis, 9 Desember 2021

Tanda-tanda Orang Kecanduan Internet. Simak Yuk, Apa Saja Gejala dan Bahayanya

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Katingan, Sabtu (23/10/2021).  (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)
Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Katingan, Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

 

KECANDUAN internet ditandai dengan keasyikan yang berlebihan atau kurang terkontrol dalam perilaku penggunaan komputer dan akses internet.

Konsultan Manajemen Risiko, Danang Ono di Palangka Raya, Minggu, mengatakan untuk mengetahui seseorang mengalami kecanduan internet, biasanya dapat diperhatikan dari sejumlah tanda dan gejala dalam manifestasi atau perwujudan fisik serta emosional.

"Salah satu tanda dan gejalanya, seseorang sering lupa waktu atau mengabaikan hal-hal mendasar saat mengakses internet terlalu lama," ucapya saat menjadi narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Katingan yang diselenggarakan Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: Bantu Warga Kekeringan, Satlantas Polres Sukoharjo Salurkan Bantuan Air Bersih

Tanda dan gejala lainnya adalah seseorang merasa marah, tegang atau depresi saat tidak bisa mengakses internet, hingga seringnya berkomentar, berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial dan kelelahan.

"Biasanya ini merupakan dampak negatif akibat penggunaan internet yang berkepanjangan," paparnya.

Secara fisik, lanjutnya, seseorang biasanya mengalami sakit pinggang, insomnia, serta nutrisi buruk, sakit leher, masalah penglihatan dan lainnya.

Baca Juga: Liga Inggris. Ole Gunnar Solskjaer Mengaku, Tidak Mudah MU Kalahkan Liverpool

Lebih lanjut, Danang menjelaskan kecanduan internet biasanya terjadi karena adanya pengalaman menyenangkan, sehingga merangsang produksi dopamin, hal ini mengakibatkan penderita tidak bisa memprioritaskan mana tugas penting dalam hidup.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yahoo Stop Layanan di China

Rabu, 3 November 2021 | 10:38 WIB

Facebook Akan Matikan Fitur Pengenalan Wajah

Rabu, 3 November 2021 | 08:45 WIB
X