• Sabtu, 25 Juni 2022

Syarat Wajib PCR Penumpang Pesawat Dinilai Pengamat Transportasi Cukup Memberatkan

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:20 WIB
Ilustrasi petugas kesehatan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang melakukan tes PCR kepada salah satu penumpang yang akan berangkat melalui bandara itu, Jumat (20/8/2021).  (FOTO ANTARA/HO-Angkasa Pura I Bandara Lombok)
Ilustrasi petugas kesehatan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang melakukan tes PCR kepada salah satu penumpang yang akan berangkat melalui bandara itu, Jumat (20/8/2021). (FOTO ANTARA/HO-Angkasa Pura I Bandara Lombok)

JAKARTA, harianmerapi.com - Para calon penumpang pesawat terbang diminta untuk melakukan tes PCR terlebih dahulu.

Menurut pengamat transportasi Djoko Setidjowarno, syarat wajib PCR tersebut sangat memberatkan bagi penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan.

Selain memberatkan dari sisi biaya, pelayanan di bandara juga belum tentu optimal.

"Syarat itu membuat orang enggan bepergian pakai angkutan udara, khususnya di Jawa," katanya saat dihubungi di Jakarta, Sabtu 23 Oktober 2021.

Baca Juga: Tak Percaya Hantu, Anak-anak Badung Kena Batunya

Ditambahkan dosen Unika Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah itu, syarat wajib PCR yang enggan dipilih konsumen tentu akan berdampak pada terus melesunya bisnis maskapai.

Konsumen, khususnya di Jawa, kemungkinan besar akan lebih memilih bepergian dengan kendaraan pribadi atau dengan kereta api. Terlebih, kini jalur Tol Trans Jawa sudah semakin nyaman digunakan.

"Di Jawa itu kalau tidak bawa mobil sendiri karena jalan tolnya sudah bagus, ya orang akan pilih naik kereta. Kereta yang sekelas pesawat (premium) itu pun cukup laris," katanya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 23 Oktober 2021: Aldebaran Cari Keberadaan Denis Setiano, Tuduh Vera Bohong

Djoko yang juga Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat juga meminta pihak bandara untuk memperbaiki layanan sebagaimana syarat penerbangan yang sudah ditentukan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Cara Naik KRL Jogja-Solo, Pastikan KMT Terisi Saldo

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Hore, Bromo Tengger Semeru Sudah Dibuka Lagi

Jumat, 10 September 2021 | 09:21 WIB

Wings Air Sukses Uji Coba Terbang Rute Area Papua

Rabu, 11 Agustus 2021 | 07:51 WIB
X