• Minggu, 3 Juli 2022

Mentimun Hindarkan Risiko Sakit Jantung

- Kamis, 1 April 2021 | 07:23 WIB

-
MERAPI-SULISTYANTO
Jenis lalapan bermanfaat bagi kesehatan, misalnya mentimun, kemangi dan kol.

 
SEBAGIAN jenis sayur memiliki cita rasa khas, enak dikonsumsi dan cocok dijadikan sebagai lalapan. Artinya juga jika dijadikan lalapan cukup dikonsumsi langsung tanpa perlu lewat proses pengolahan atau dimasak dahulu. Antara lain ada mentimun, kemangi, kol, selada, leunca dan wortel.

Bahan-bahan alami bermanfaat bagi kesehatan ini pun cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau, misalnya di pasar tradisional, swalayan dan kios sayur/sembako. Tak kalah penting, harganya cukup terjangkau berbagai kalangan, sehingga dapat dijadikan sarana mencegah serta mengatasi gangguan kesehatan tanpa perlu biaya mahal.

Seperti dijelaskan Danik Wahyuti salah satu kru kios Bu Sri di Sidoluhur Godean Sleman, sejumlah bahan lalapan saling dikombinasi misalnya ketika membeli pecel lele, yaitu biasa ada mentimun, kol dan kemangi. Manfaat atau khasiat kesehatan dari mentimun, antara lain bisa berperan untuk melancarkan pencernaan serta mendukung program diet pengurangan berat badan. Selain itu dapat menghindarkan dari risiko penyakit jantung maupun kanker.

“Rutin mengkonsumsi mentimun juga bisa membantu mencegah dan melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain dijadikan lalapan atau dimakan langsung, bisa juga dibuat minuman jus maupun wedang serut,” terangnya, baru-baru ini.

Selain mentimun, daun kemangi yang mempunyai aroma segar serta cukup khas cita rasanya sering juga dicampurkan saat membuat aneka pepes. Ketika mengkonsumsi beberapa jenis masakan/olahan cocok juga ditemani lalapan jenis kemangi. Ditambah lagi mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan,  misalnya bisa mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Halaman:

Editor: admin_merapi

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X