• Selasa, 24 Mei 2022

Jangan Biarkan Bayi Tidur Tengkurap dalam Waktu Lama, Simak Bahayanya yang Bisa Bikin Meninggal

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 13:46 WIB
Ilustrasi bayi tidur tengkurap. (Foto: theAsianparents)
Ilustrasi bayi tidur tengkurap. (Foto: theAsianparents)

JAKARTA,harianmerapi.com-Sebagian orang menganggap bayi yang tidur tengkurap dalam waktu lama merupakan bentuk kelucuan dan menggemaskan. Bayi yang sudah waktunya bisa tengkurap harus tetap diawasi ketika tidur. Jangan sampai bayi Anda tidur dengan tengkurap dalam waktu yang lama.

Posisi ini berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya bagi bayi. Jadi, kapan bayi boleh tidur tengkurap dan apa saja yang perlu diperhatikan.

Melatih bayi tengkurap memang bermanfaat bagi perkembangan motorik mereka. Namun, sebaiknya hati-hati karena pada usia tertentu, posisi ini justru bisa membahayakan bayi Anda, saat ia dibiarkan tengkurap dalam waktu yang cukup lama atau saat ia tertidur.

Baca Juga: Agar Diet Sehat dan Efektif, Ini Tips Mengatur Makannya

Dilansir dari Alodokter, risiko ketika bayi dibiarkan tidur tengkurap dalam waktu lama di antaranya adalah:

1. Bayi meninggal mendadak.
Posisi tidur tengkurap memang bisa membuat bayi tidur lebih tenang dan tidak mudah bangun. Namun, membiarkan bayi tidur tengkurap bisa meningkatkan risiko bayi meninggal mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS).

2. Pernapasan bayi terganggu.
Beberapa penelitian menunjukkan posisi tidur tengkurap pada bayi bisa memberikan tekanan lebih pada rahang dan tenggorokannya sehingga mempersempit saluran pernapasannya sehingga bisa membuat bayi lebih sulit bernapas.

Baca Juga: Hobi Meneliti Sekaligus Dapat Hibah Miliaran Rupiah, Ini Tips Profesor Universitas Trunojoyo Madura

Selain teori lain menyebutkan posisi tubuh tengkurap bisa membuat bayi menghirup oksigen lebih sedikit, dan kadar karbondioksida di dalam tubuhnya meningkat. Yang berakibat kekurangan oksigen (hipoksia).

3. Suhu tubuh bayi meningkat.
Tidur tengkurap berisiko suhu tubuh bayi meningkat, sehingga lebih mudah kepanasan. Meski demikian memang tidak selamanya tidak selamanya bayi tidur tengkurap berbahaya. Perkembangan usianya berpengaruh, ketika kemampuan bayi sudah bisa mengendalikan tubuhnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Sumber: Alo Dokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X