• Selasa, 30 November 2021

Tips Tanam Bawang Merah, Ini Rekomendasi Pupuk yang Dibutuhkan

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:51 WIB
Syarat tumbuh bawang merah harus dikenali sebelum memutuskan untuk tanam. (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)
Syarat tumbuh bawang merah harus dikenali sebelum memutuskan untuk tanam. (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)

JOGJA,harianmerapi.com – Menanam bawang merah masih menjadi alternatif menjanjikan bagi petani. Namun petani sebaiknya mengetahui rekomendasi pupuk yang diberikan pada tanaman bawang merah.

Karena menanam bawang merah tentu saja berbeda dengan teknik menanam sayur lainnya. Menanam bawang merah, membutuhkan rekomendasi pupuk yang berbeda dengan jenis tanaman lainnya.

Dilansir dari laman Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Lampung, disebutkan bahwa bawang merah merupakan komoditas hortikultura berumur pendek yang memiliki nilai komersial tinggi risiko tinggi.

Baca Juga: Mulai Tanam Bawang Merah, Begini Persiapan Lahan yang Dibutuhkan

Oleh karenanya, penanaman bawang merah harus memperhatikan beberapa hal, yaitu pemberian pupuk, benih yang bermutu, varietas bawang merah unggul, pengendalian hama dan penyakit yang ramah lingkungan, dan teknik pengolahan hara.

Salah satu hal terpenting dalam penanaman bawang merah adalah pemupukan. Salah dalam langkah ini tentu akan sangat berpengaruh pada kualitas maupun kuantitas panennya.

Berikut rekomendasi pemberian pupuk pada tanaman bawang merah:

1. Lahan bekas padi sawah atau bekas tebu
Pemberian pupuk yang disarankan adalah pupuk dasar dengan ukuran 300 kg SP-36/ha, 60 kg KCl/ha dan 500 kg NPK mutiara (16:16:16) disebar serta diaduk rata dengan tanah, 7 H sebelum T.
Pupuk susulan berupa 180 kg Urea/ha, atau 400 kg ZA/ha dilakukan pada umur 10-15 HST, dan 180 kg Urea/ha pada umur 30-35 HST.

2. Pada lahan tegalan atau lahan kering.
Pupuk dasar diberikan 1-3 hari sebelum tanam, yaitu pupuk kandang sapi atau kuda sebanyak 15-20 ton/ha, atau kotoran ayam sebanyak 5-6 ton/ha, atau kompos sebanyak 2,5-5 ton/ha, dan pupuk buatan SP-36 sebanyak 250 kg/ha.

Baca Juga: Tips Menanam Bawang Merah Agar Hasilkan Cuan, Kenali Syarat Tumbuh yang Dianjurkan

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Terkini

Harbokir JNE Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Jumat, 26 November 2021 | 09:32 WIB

Jaygan Fu Ponnudurai CEO Baru OVO

Sabtu, 20 November 2021 | 10:09 WIB
X