• Senin, 6 Desember 2021

Mulai Tanam Bawang Merah, Begini Persiapan Lahan yang Dibutuhkan

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:21 WIB
Syarat tumbuh bawang merah harus dikenali sebelum memutuskan untuk tanam. (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)
Syarat tumbuh bawang merah harus dikenali sebelum memutuskan untuk tanam. (Foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)

JOGJA,harianmerapi.com – Bawang merah adalah kebutuhan harian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sehingga menanam komoditas ini masing sangat menjanjikan bagi petani.

Namun menanam bawang merah, membutuhkan persiapan dan penanganan yang berbeda dengan jenis tanaman lainnya. Sehingga petani harus memahami terlebih dahulu persiapan apa yang dibutuhkan.

Pasalnya menanam bawang merah tidak semudah menanam komoditas hortikultura lainnya. Bawang merah adalah jenis hortikultura berumur pendek.

Dilansir dari laman Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Lampung, disebutkan bahwa bawang merah merupakan komoditas hortikultura yang memiliki nilai komersial tinggi risiko tinggi.

Baca Juga: Tips Menanam Bawang Merah Agar Hasilkan Cuan, Kenali Syarat Tumbuh yang Dianjurkan

Oleh karenanya, penanaman bawang merah harus memperhatikan beberapa hal, yaitu benih yang bermutu, varietas bawang merah unggul, pengendalian hama dan penyakit yang ramah lingkungan, dan teknik pengolahan hara.

Persiapan lahan menjadi bagian penting sebelum menanam bawang merah. Setiap jenis lahan memerlukan persiapan yang berbeda. Berikut persiapan lahan bawang merah yang diperlukan:

1. Lahan bekas padi atau tebu.
Pada lahan ini, bedengan dibuat mengikuti arah timur-barat dengan lebar 1,2 – 1,5 m, kedalaman parit 50– 60 cm dan lebar parit 40–50 cm. Tanah yang telah diolah dibiarkan sampai kering kemudian diolah lagi 2–3 kali.

Baca Juga: Keluhan Asam Urat, Eksim dan Diare Bisa Diatasi dengan Tanaman Lelatang

2. Lahan tegalan atau tanah kering.
Untuk mempersiapkan lahan bawang merah di tegalan atau tanah kering disarankan untuk dibajak atau dicangkul sedalam 30 cm, kemudian dibuat bedengan dengan lebar 1-1,2 m, tinggi 40 cm, sedangkan panjangnya tergantung pada kondisi lahan.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harbokir JNE Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Jumat, 26 November 2021 | 09:32 WIB
X