• Sabtu, 4 Desember 2021

Adas Manis Segarkan Pernafasan. Caranya, Cukup dengan Mengunyahnya

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:57 WIB
Adas manis           (Foto : Sulistyanto)
Adas manis (Foto : Sulistyanto)

PRODUK penyegar maupun pelega pernafasan cukup mudah ditemukan di pasaran. Sebagian produk bahkan sering dipromokan lewat beberapa media agar lebih banyak dikenal dan dibeli konsumen.

Namun jika ingin memanfaatkan bahan-bahan alami dengan harga terjangkau atau punya tanamannya sendiri akan lebih menghemat biaya. Sebagai contoh memanfaatkan biji adas manis, daun mint serta mentimun. Khususnya ada manis yang biasa dimanfaatkan di bidang kuliner, diyakini Bobby S asal Sleman mempunyai khasiat kesehatan pula.

“Cukup dengan mengunyah-ngunyah biji adas manis akan bisa berperan membantu menyegarkan dan melegakan pernafasan,” ungkapnya, baru-baru ini.

Baca Juga: Sambil Gowes, Kapolres Salatiga Berbagi Bansos di Jalur yang Dilewati

Ada pula yang memanfaatkan biji adas manis sebagai campuran minuman teh. Dengan tambahan biji adas manis diharapkan mampu memberikan cita rasa, aroma bahkan khasiat atau manfaat kesehatan. Selain itu dapat juga untuk mengatasi gangguan kesehatan sulit tidur atau insomnia. Pasalnya, insomnia yang dibiarkan berlarut-larut akan bisa memicu munculnya gangguan kesehatan lain.

Adapun cara sederhana menggunakan biji adas manis untuk insomnia, yaitu cukup menyeduhnya dengan air hangat. Setelah itu diberi madu murni secukupnya dan segera diminum dalam keadaan masih hangat.

Sedangkan ciri tanaman adas manis, misalnya memiliki tinggi hampir sekitar satu meter. Bentuk daunnya sedikit menyirip menyerupai bulu. Tanaman ini senang di tempat yang mendapat banyak sinar matahari setiap harinya.

Baca Juga: Usai Divaksin Covid-19, Warga Samigaluh Kulon Progo Diberi Hadiah

“Mengunyah-ngunyah daun mint ataupun menyampurkan daun mint pada minuman juga bisa membantu menyegarkan pernafasan,” tambah Bobby.

Apalagi jika minuman menggunakan daun mint ditambah rimpang jahe, lemon serta madu murni akan lebih banyak manfaat kesehatannya. Antara lain diyakini dapat sebagai sumber antioksidan, mencegah dan melawan demam, musuh sakit kepala, meredakan serangan batuk serta mengeluarkan dahak.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X