• Jumat, 12 Agustus 2022

Tips bagi Pelaku UMKM yang Akan Go Digital...

- Minggu, 26 Juni 2022 | 12:30 WIB
Pengunjung memindai kode QR saat bertransaksi pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Bangka Belitung di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, di Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (20/5/2022).  (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Pengunjung memindai kode QR saat bertransaksi pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Bangka Belitung di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, di Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (20/5/2022). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menunjukkan ada 17,25 pelaku UMKM yang masuk ekosistem digital per Februari 2022.

Selain berjualan online, adalah penting bagi pelaku usaha memahami pemasaran digital agar bisnis mereka teurs bertumbuh.

Google Indonesia, dikutip dari siaran pers, membagikan empat tips bagi UMKM yang ingin "go digital", menyambut Hari UMKM Internasional setiap 27 Juni.

Baca Juga: Inggris Identifikasi Dugaan Wabah Polio di London, Ini Penjelasan Prof Zubairi Djoerban

Masuk platform digital diyakini bisa membantu usaha mikro, kecil dan menengah bertahan pada masa sulit pandemi sekarang ini.

1. Tujuan "go digital"

Pelaku usaha sebaiknya memahami apa tujuan mereka masuk ke platform online. Secara garis besar, "go digital" bukan sekedar mendaftarkan nama bisnis ke lokapasar online, namun, untuk menemukan pelanggan baru, meningkatkan efektivitas kerja dan mengembangkan peluang bisnis.

2. Gunakan peralatan digital

Tujuan masuk ke ekosistem digital bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, misalnya mengoptimalkan alat (tool) yang diberikan platform.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X