• Jumat, 12 Agustus 2022

Agar Pelaku UMKM Sukses, Ini Pesan Menparekraf Sandiada Uno

- Senin, 20 Juni 2022 | 09:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Grage City dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Mal Cirebon, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (19/06/2022).  (ANTARA/HO-Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Grage City dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Mal Cirebon, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (19/06/2022). (ANTARA/HO-Kemenparekraf)


JAKARTA, harianmerapi.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berpesan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk disiplin dalam mengatur keuangan dan pengembangangan usaha.


Menurut Sandi, agar UMKM meraih sukses, dibutuhkan manajemen yang solid dalam mengatur keuangan.

“Pasar Indonesia sangat besar, oleh karena itu kita harus mampu untuk mengenali pasar kita. Kedua, bangun tim manajemen yang solid dan perkuat manajemen keuangan kalian,” ujarnya dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Cirebon, Jawa Barat yang dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: 2 Suporter di GBLA Tewas, Tanggung Jawab Siapa?

Melalui pembinaan holistik AKI 2022, diharapkan pelaku UMKM dapat naik kelas dalam meningkatkan kualitas produk ekonomi kreatif dan memperluas pasar nasional hingga global.

“Ke depan, ditargetkan pelaku ekonomi kreatif di Cirebon bisa naik kelas dari usaha kecil menengah menjadi usaha besar, lalu meningkatkan pasar ekspor,” ucap dia.

Menparekraf turut memberikan bantuan pemasaran digital dari peserta pelaku ekonomi kreatif hadir dalam AKI 2022 di Cirebon yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan usaha mereka.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Kawasan Borobudur Senilai Rp 2,27 Triliun

“Saya juga sudah memberikan pemasaran untuk produknya melalui digitalisasi, semua produknya sudah saya kunjungi dan kita sudah mengambil gambar. Saya optimistis mereka bisa mengatasi tantangan dari pandemi dan membentuk suatu tatanan ekonomi baru,” kata Sandiaga.

Tahun lalu, kontribusi ekraf terutama sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sudah menembus 60 persen atau berkisar Rp1.154,4 triliun. Nantinya, sumbangan sektor itu diprediksi mencapai 65 persen pada 2024/2025 mendatang.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X