• Minggu, 2 Oktober 2022

Polemik Tarif Masuk Candi Borobudur, Sandiaga Uno : Borobudur Merupakan Ikon dari Sejarah

- Senin, 6 Juni 2022 | 20:10 WIB
Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (6/6/2022). ( ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas)
Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (6/6/2022). ( ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas)

JAKARTA, harianmerapi.com - Rencana pemerintah untuk menaikkan tiket naik ke Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu untuk wisatawan domestik menjadi polemik.

Sebagian besar masyarakat merasa tarif sebesar Rp750 ribu per orang tersebut terlalu mahal untuk saat ini.

Sebagaimana diketahui, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan melontarkan pernyataan mengenai aturan harga khusus di kawasan Candi Borobudur.

Baca Juga: Horoskop Shio Ayam Besok Selasa 7 Juni 2022, Diskusikan Pikiran dan Perasaanmu dengan Orang yang Dipercaya

Untuk wisatawan nusantara (wisnus) sebesar Rp750.000, wisatawan mancanegara (wisman) 100 dolar AS, serta kalangan pelajar/grup study tour sekolah sebesar Rp5.000 yang menimbulkan pro dan kontra di tingkat masyarakat.

Terkait dengan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengimbau masyarakat agar bijak menyikapi persoalan tersebut.

Dia berharap, pembahasan tentang Candi Borobudur tidak menimbulkan perpecahan.

Baca Juga: Demi Harta Rela Diperistri Jin, Saat Coba-coba Mau Selingkuh dengan Pria Tampan, Begini Akibatnyaa ......

“Kita boleh mengungkapkan pendapat kita di media sosial maupun media mainstream, tapi kita harus bijak. Borobudur merupakan ikon dari sejarah, kita harus betul-betul menjaga sebagai bagian dari keutuhan kesatuan dan keutuhan,” ungkap dia dalam Weekly Press Briefing yang dipantau secara virtual di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Kebijakan tiket khusus itu hanya bagi wisatawan yang berkeinginan untuk naik bangunan Candi Borobudur dan diterapkan melalui sistem reservasi online.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas kasus penistaan agama oleh Roy Suryo lengkap

Kamis, 29 September 2022 | 18:38 WIB
X