• Sabtu, 21 Mei 2022

Ikan Patin Cocok Dijadikan Masakan Lezat, Saat Bansos PKH Cair Tingkat Penjualan Alami Penurunan

- Minggu, 23 Januari 2022 | 12:50 WIB
Ikan patin cocok diolah menjadi aneka masakan lezat dan bergizi. (Foto : Sulistyanto)
Ikan patin cocok diolah menjadi aneka masakan lezat dan bergizi. (Foto : Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com – Ikan patin termasuk jenis ikan air tawar populer. Selain banyak dibudidayakan oleh petani ikan, di pasaran pun cukup mudah menemukan.

Tak jarang pula penjualan ikan patin dibarengkan dengan aneka jenis ikan air laut seperti tuna, cakalang, kembung, salem, tenggiri, cucut dan tongkol.

Namun setiap Bansos PKH cair, dipastikan tingkat penjualan ikan patin akan menurun.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Besok Senin, 24 Januari 2022 Prediksi Horoskop Karir, Keuangan, Asmara, dan Kesehatan

Selain masyarakat umum atau untuk keperluan rumah tangga, ada pula pihak dari pemilik warung makan/pemilik usaha kuliner rutin membeli ikan patin.

“Sama halnya beberapa jenis ikan air tawar lain seperti gurami, nila, lele dan bawal, jenis ikan patin juga dibutuhkan masyarakat. Bisa diolah menjadi asupan lezat serta bergizi,” ungkap pelaku jual-beli ikan air laut dan tawar, G. Napitupulu asal Moyudan Sleman, Minggu (23/1/2022).

Lelaki kelahiran Medan yang berjualan ikan di Pasar Balangan Minggir Sleman ini menjelaskan, masakan atau olahan berbahan ikan patin cukup beragam seperti pepes, goreng/bakar, sop, bumbu kuning, balado, mangut dan pindang asam.

Ketika ada yang merasakan bau lumpur, sebutnya, ada kemungkinan ikan patin tak dikarantina dahulu sebelum dipasarkan. Artinya, usai dipanen dari kolam langsung dipasarkan atau dikirim ke rumah makan dan langsung dimasak.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Melangkahi Kuburan Makam Sesepuh Saat Datang Bulan, Badan Pans dan Berperilaku Aneh

Lain halnya jika ada yang merasakan ada bau amis, salah satu kiatnya yaitu dengan direndam air jeruk nipis beberapa saat terlebih dahulu sebelum dimasak.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X