• Rabu, 8 Desember 2021

Dukung Gerakan Diversifikasi Pangan, Beras Diganti Singkong

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:30 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan.  (ANTARA/HO)
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. (ANTARA/HO)



JAKARTA, harianmerapi.com - Gerakan diversifikasi pangan, antara lain mengganti beras dengan singkong, patut mendapat dukungan. Sebab, Indonesia memiliki ketersediaan singkong yang melimpah.

Dukungan tersebut disampaikan Wakil Ketua MPR Syarief Hasan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

"Potensi ini perlu dioptimalisasi sehingga memberikan dampak signifikan bagi perekonomian negara dan masyarakat. Apalagi, singkong juga salah satu sumber karbohidrat yang tidak kalah dari beras," kata Syarief.

Baca Juga: Resahkan Masyarakat, Komisi III DPR Dukung Polri Berantas Pinjol Ilegal

Dia menilai diversifikasi pangan harus digalakkan agar sumber pangan rakyat selalu tersedia karena Indonesia punya potensi sumber pangan yang beragam dan melimpah sehingga harus dioptimalkan.

Menurut dia, jika selama ini beras adalah sumber pangan utama rakyat, maka saat ini harus memulai melirik sumber pangan lainnya, termasuk singkong.

"Jika ini digalakkan, maka tentu ketahanan pangan akan tetap terjaga. Singkong tidak kalah dibandingkan beras, sama-sama penghasil karbohidrat, niscaya rakyat tidak akan kekurangan nutrisi," ujarnya.

Baca Juga: Amandemen UUD 1945 Harus Lewat Uji Publik dan Kajian Mendalam

Syarief menilai, Indonesia sebagai penghasil singkong terbesar keempat di dunia, dapat menghasilkan nilai tambah yang besar jika potensi singkong ini digarap dengan baik.

Dia mengatakan, singkong selain sebagai makanan pengganti beras, juga dapat dimanfaatkan sebagai panganan pendamping di setiap lokasi wisata.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X