• Rabu, 8 Desember 2021

Ayam Kampung Jadi Sumber Pangan Menyehatkan

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:35 WIB
Peternak ayam kampung antusias mengikuti tahapan pelatihan budidaya ayam kampung. (Dok Humas UMBY)
Peternak ayam kampung antusias mengikuti tahapan pelatihan budidaya ayam kampung. (Dok Humas UMBY)

 

SLEMAN, harianmerapi.com - Ayam kampung termasuk jenis ternak yang mudah pemeliharaannya. Tak sedikit pakan lokal juga disenangi ayam jenis ini, seperti jagung, gabah dan bekatul.

Bahkan bisa memberikan manfaat ekonomi, serta menjadi salah satu sumber pangan menyehatkan bagi keluarga di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai sekarang.

Hal ini diungkap salah satu dosen yang tergabung di Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Ir FX Suwarta MP saat pelatihan budidaya ayam kampung di Puluhan Sumberarum Moyudan Sleman, baru-baru ini.

Baca Juga: Libur Maulid Nabi 2021 Tanggal 19 Atau 20 Oktober? Ini Penjelasannya

Peserta pelatihan ada 12 orang peternak ayam kampung asal pedukuhan setempat dan sebagian anggotanya merupakan kaum wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

“Dengan pelatihan seperti ini kami sangat berharap bisa meningkatkan keterampilan beternak ayam kampung, terutama teknis pemeliharaan, manajemen pencegahan dan pengobatan penyakit,” ungkap Suwarta yang juga sebagai Ketua tim PKM UMBY.

Menurutnya, pelatihan dan pendampingan peternak ayam kampung di Sumberarum tersebut sebagai rangkaian pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Saat pelatihan ia memberikan materi seputar penetasan dan pakan ayam kampung.

Baca Juga: Viral Penampakan Mengintip dari Balik Jendela Hotel di Yogya Bikin Merinding

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X