• Selasa, 19 Oktober 2021

Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Didata Pemkot Magelang

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:15 WIB
Ilustrasi - Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat memberikan bantuan pada anak yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Ilustrasi - Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat memberikan bantuan pada anak yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

MAGELANG, harianmerapi.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang melakukan pendataan anak-anak yatim piatu dan yatim, yang orang tuanya meninggal dunia akibat terapar Covid-19.

Pendataan diperlukan karena sebagai acuan pemberian program bantuan kepada mereka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang Khudoifah dalam keterangan tertulis diterima di Magelang, Selasa (24/8/2021), menyebutkan bahwa hingga 13 Agustus 2021 tercatat 64 anak-anak di daerah itu menjadi yatim piatu dan yatim.

Jumlah itu terbagi per kecamatan, yakni Magelang Utara 22 anak, Magelang Tengah 26 anak, dan Magelang Selatan 16 anak. Pendataan terhadap mereka, termasuk nomor telepon pengasuh dan alamat secara lengkap.

Baca Juga: Hari Ini Mal di Sleman Mulai Uji Coba Buka, Ini Alasannya

Ia mengatakan mereka akan mendapatkan bantuan dari Pemkot Magelang.

"Kami akan mengusulkan ada tambahan anggaran untuk kebutuhan makanan, kebutuhan tambahan pengasuhan pada balita, kebutuhan pendidikan, dan kebutuhan lain-lain bagi anak-anak yang terdampak Covid-19," kata dia.

Hingga saat ini, Pemkot Magelang juga masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat terkait dengan penanganan terhadap anak-anak yang terdampak Covid-19, terutama karena menjadi yatim piatu, dan yatim.

"Kami masih menunggu petunjuk dari pusat (pemerintah pusat, red.)," katanya.

Ia menjelaskan bahwa instansinya juga akan berkoordinasi dengan lembaga kemasyarakatan, forum anak, dan pemangku kepentingan lainnya, untuk program inisiasi pemulihan psikososial terpadu bagi anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia karena pandemi virus corona baru itu.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X