• Selasa, 19 Oktober 2021

Dampak Covid-19, 334 Anak di Kabupaten Magelang Kehilangan Orang Tua

- Senin, 23 Agustus 2021 | 21:28 WIB
Plt Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi.  (ANTARA/Heru Suyitno )
Plt Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi. (ANTARA/Heru Suyitno )

MAGELANG, harianmerapi.com - Tercatat ada 334 anak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang kehilangan orang tua akibat terpapar Covid-19. Mereka ada yang menjadi yatim, piatu, dan yatim piatu.

Pemerintah pun diharap turut memikirkan masa depan mereka, di bidang pendidikan maupun kesehatannya. 

"Pendataan sampai 10 Agustus 2021, sebanyak 334 anak kehilangan orang tuanya, meninggal terpapar Covid-19," kata Plt Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Magelang Bela Pinarsi di Magelang, Senin (23/8/2021).

Baca Juga: Angka Harian Covid-19 Konsisten Turun, PPKM di Jabodetabek Turun Level

Ia mengatakan data tersebut diperoleh dari laporan kecamatan yang tidak menyebutkan kapan meninggalnya. Pendataan dilakukan terhadap anak di bawah 18 tahun ke bawah.

Bela menuturkan dari 334 anak yang kehilangan orang tua tersebut, terdiri atas 228 anak yatim, 101 anak piatu dan lima anak yatim piatu.

Ia mengatakan pendataan yang dilakukan ini untuk mengecek apakah yang bersangkutan sudah mendapatkan jaminan sosial atau belum.

Baca Juga: Pelaku Usaha di DIY Wajib Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi

"Tindak lanjut dari data yang diterima mau dicek anak-anak tersebut sudah mendapat jaminan sosial atau belum, Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan sebagainya," katanya.

Ia berharap masa depan anak-anak tersebut bisa dibantu pemerintah, baik pendidikan maupun kesehatan. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X