• Selasa, 19 Oktober 2021

Ini Cara Pemkot Magelang Bangkitkan Pedagang Pasar Rakyat, PKL dan UMKM dari Dampak Pandemi Covid-19

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi - Pusat kuliner Tuin Van Java di tengah Kota Magelang.  (ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang)
Ilustrasi - Pusat kuliner Tuin Van Java di tengah Kota Magelang. (ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG, harianmerapi.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, Jawa Tengah, meluncurkan kegiatan Gerakan Nglarisi Dagangan Pasar Rakyat, PKL, UMKM, yang dimulai Jumat (20/8/2021) hari ini.

Aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot magelang pun didorong untukberbelanja kebutuhan di pasar rakyat dan pedagang kaki lima untuk menaikkan omzet mereka setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Dengan cara mengajak para ASN untuk berbelanja di pasar rakyat dan PKL minimal kita dapat meringankan beban mereka supaya dapat bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo dalam keterangan tertulis diterima di Magelang.

Baca Juga: Ternyata Ekstrak Kakadu Miliki Kandungan Vitamin C Tertinggi. Bagus untuk Apa?

Ia menjelaskan ASN dengan OPD di wilayah Kecamatan Magelang Utara bisa berbelanja di Pasar Kebonpolo atau PKL di kecamatan itu, ASN dengan OPD berlokasi di Kecamatan Magelang Tengah bisa berbelanja di Pasar Cacaban atau PKL di wilayah tersebut, sedangkan ASN dengan OPD berlokasi di Kecamatan Magelang Selatan bisa berbelanja di Pasar Rejowinangun dan Pasar Gotong Royong, serta PKL di kecamatan itu.

Ia menjelaskan program tersebut sebagai tindak lanjut imbauan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada ASN untuk berbelanja di pedagang pasar rakyat, PKL, dan UMKM.

"Program ini juga sesuai dengan imbauan Bapak Wali Kota Magelang (Muchamad Nur Aziz, red.) kepada pelaku usaha agar bisa berinovasi supaya dapat bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

Baca Juga: Birrul Walidain, Pentingnya Memuliakan dan Berbuat Baik pada Kedua Orang Tua

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono mengutarakan bahwa terkait dengan program itu, pihaknya mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 510/275/250 tentang Kegiatan Nglarisi Dagangan Pasar, PKL, dan UMKM.

Ia meminta seluruh ASN di OPD maupun karyawan BUMD Kota Magelang berpartisipasi dalam program tersebut sebagai upaya membantu pedagang yang terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X