• Kamis, 30 Juni 2022

Kejari Purwokerto Usut Kasus Penyimpangan Dana Aspirasi DPRD Banyumas Rp 525 Juta

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 14:29 WIB
Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto Sunarwan.  (ANTARA/Sumarwoto)
Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto Sunarwan. (ANTARA/Sumarwoto)

PURWOKERTO, harianmerapi.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto serius mengusut kasus dugaan penyimpangan dana bantuan keuangan desa atau dana aspirasi anggota DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tahun 2018-2019. Akibat kejadian itu, negara dirugikan hingga Rp 525 juta.

"Terhitung sejak tanggal 16 Agustus 2021, pengusutan kasus dugaan penyimpangan dana bantuan atau dana aspirasi yang bersumber dari APBD tahun 2018-2019 telah dinaikkan ke tahap penyidikan," kata Kepala Kejari Purwokerto Sunarwan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (18/8/2021).

Ia mengatakan hal itu dilakukan karena Tim Penyidik Tindak Pidana Korupsi Kejari Purwokerto telah melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah anggota DPRD Kabupaten Banyumas, aparatur sipil negara (ASN), dan penyedia jasa atau kontraktor serta melakukan ekspose atau gelar perkara internal.

Baca Juga: Orang yang Tak Percaya Covid-19, Cenderung Kurang Kritis dan Banyak Terpapar Hoaks

Menurut dia, kasus dugaan penyimpangan dana aspirasi anggota DPRD Kabupaten Banyumas itu diperkirakan mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp 525 juta.

Dalam hal ini, kerugian negara tersebut berasal dari pembiayaan proyek infrastruktur yang diduga ada pengurangan volume pekerjaan.

"Tim Penyidik Tipikor Kejari Purwokerto mulai mengusut perkara dugaan penyimpangan dana aspirasi ini sejak tahun 2020," tuturnya.

Baca Juga: MPR RI Telah Bikin Jadwal Rencana Amandemen UUD 1945, Simak Pasal Mana yang Akan Diubah

Ia mengatakan pengusutan tersebut dilakukan karena ada dugaan penyimpangan dalam realisasi penggunaan dana aspirasi untuk kegiatan infrastruktur atau fisik seperti pengurangan volume pekerjaan, penyimpangan spesifikasi pekerjaan, dan permintaan fee.*

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: antaranews.com

Tags

Terkini

Kecanduan Film Porno, Pelajar SMA Cabuli Balita

Jumat, 20 Agustus 2021 | 23:21 WIB
X