• Kamis, 6 Oktober 2022

Ganjar Tertinggi, Prabowo-Ridwan Kamil Bersaing Ketat, AHY Ungguli Puan-Airlangga, Ini Kata Survei

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 12:24 WIB
Elektabilitas para tokoh nasional hasil survei New Indonesia Research & Consulting.  (ANTARA/HO )
Elektabilitas para tokoh nasional hasil survei New Indonesia Research & Consulting. (ANTARA/HO )

JAKARTA, harianmerapi.com- Pilpres masih jauh, namun sejumlah lembaga terus melakukan survei elektabilitas para calon.


Survei yang dilakukan New Indonesia Research & Consulting misalnya, menempatkan elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi dengan meraih 20,5 persen suara. Di bawahnya bersaing ketat Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil.

Sedang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungguli Puan Maharani dan Airlangga Hartarto.

"Di tengah perang baliho politisi, elektabilitas Puan Maharani dan Airlangga masih jauh tertinggal, justru AHY yang paling berkibar," kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono melalui keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Minggu (8/8/2021).

Hasil survei New Indonesia Research & Consulting menunjukkan ada peningkatan elektabilitas tiga politisi tersebut, tetapi kenaikan signifikan paling banyak dialami oleh Ketua Umum Demokrat AHY.

Baca Juga: Gerindra Dukung Seluruh Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Tren kenaikan elektabilitas AHY diketahui sejak survei dilakukan pada Mei 2021. Awalnya, elektabilitas anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut hanya sekitar dua persen. Namun, angka itu naik menjadi lima persen.

Sedangkan Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI naik sedikit dari 1,1 persen menjadi 1,4 persen, demikian pula dengan Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar dengan elektabilitas 1,3 persen.

Masih pada survei yang sama, posisi pertama ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sedangkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersaing ketat pada urutan kedua dan ketiga.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X