• Kamis, 1 Desember 2022

Anda suka mendaki? Ada 17 gunung api yang harus diwaspadai, ini daftarnya...

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:55 WIB
Gunung Api Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, mengeluarkan asap putih pada Selasa (12/7/2022).  (ANTARA/Abdul Fatah)
Gunung Api Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, mengeluarkan asap putih pada Selasa (12/7/2022). (ANTARA/Abdul Fatah)

HARIAN MERAPI - Para pendaki dan wisatawan diminta untuk selalu waspada saat melakukan aktivitas pendakian gunung api yang berstatus level II, karena berpotensi menimbulkan bahaya bagi keselamatan pendaki.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan mengatakan meski potensi erupsi level II lebih kecil dibandingkan level III, bukan berarti gunung api itu tidak berbahaya.

"(Level II) ini buat pendaki yang mendekati kawah. Walaupun potensinya kecil, tapi kalau kita mendekati sumber bahaya tentunya akan menjadi bencana," kata Hendr, di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Peruntungan Shio Anjing Jumat 7 Oktober 2022, ada banyak kemenangan kecil, dan itu akan cukup untuk.....

Pada September 2022, PVMBG mencatat Gunung Sorik Marapi dan Gamalama mengalami sedikit perubahan meski secara umum jumlah gempa kecil.

Hendra mengungkapkan ada deformasi di puncak Gunung Marapi, dan pada saat yang sama banyak wisatawan mendaki ke gunung api tersebut.

Deformasi terjadi karena aktivitas vulkanik berupa pergerakan magma di bawah permukaan yang berpengaruh terhadap perubahan tekanan pada kantong magma.

Sedangkan Gunung Gamalama yang dekat dengan bandara mempunyai efek tidak langsung dari pergerakan magma, sementara gempa-gempa tektonik lokal bisa memicu terjadinya erupsi freatik yang mengakibatkan munculnya abu vulkanik yang bisa membahayakan penerbangan.

Baca Juga: Cerita misteri cara nenek mengatasi pencurian uang yang dilakukan melalui pesugihan buto ijo

"Kami mohon pendaki untuk selalu mendapat informasi dari BPBD atau pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil dinilai bisa melengkapi Partai Golkar

Senin, 28 November 2022 | 18:08 WIB
X