• Sabtu, 26 November 2022

Peringati satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY, Taman Tresno Nanggulan angkat budaya lokal

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:40 WIB
Peringatan satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY di Taman Tresno Jasa Marga  (Foto: Amin Kuntari)
Peringatan satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY di Taman Tresno Jasa Marga (Foto: Amin Kuntari)

HARIAN MERAPI - Pengelola Taman Tresno Jasa Marga di Padukuhan Dukuh, Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo menggelar peringatan satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY, Rabu (31/8/2022).

Berbagai kegiatan digelar, di antaranya dengan menampilkan pentas seni karawitan, jathilan klasik Pong Dil serta bazar UMKM yang menampilkan produk-produk lokal.

Pengelola Wisata Taman Tresno Jasa Marga, Purdiyanto mengatakan, peringatan satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY menjadi titik awal bagi pihaknya untuk membangkitkan kembali budaya lokal yang selama ini tenggelam.

Baca Juga: Pertemuan Puan-Airlangga diharapkan hasilkan kesepakatan politik

Dicontohkannya, tari kuda lumping kreasi baru yang mengakibatkan jathilan klasik Pong Dil semakin tenggelam. Hanya ada dua kelompok Jathilan Pong Dil yang masih bertahan di wilayah ini, yaitu di Penjalin dan Ndengok.

"Kalau di Ndengok sudah lumayan, tiap tahun pasti ada event. Namun di Penjalin, tidak pernah tampil sekitar puluhan tahun. Ini yang akan diangkat kembali," ungkap Purdiyanto.

Sejumlah strategi kemudian disiapkan agar seni Jathilan Pong Dil bisa berjaya kembali. Pihak pemerintah kabupaten hingga provinsi diundang dalam kegiatan ini agar budaya lokal tersebut bisa mendapatkan perhatian. Terlebih, dana keistimewaan yang dimiliki DIY belum dinikmati semua pelaku seni budaya.

"Padahal, banyak sarana prasarana yang sudah rusak. Kami akan mendampingi dan mendorong pelestarian Jathilan Pong Dil dengan menggelar latihan setiap pekan," imbuhnya.

Baca Juga: Kecelakaan maut di Bekasi, Sopir truk diduga mengantuk

Purdiyanto menambahkan, Taman Tresno Jasa Marga masih akan dikembangkan lagi oleh PT Jasa Marga. Pada saat pengembangan itulah, budaya lokal akan terus dilibatkan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gula semut Kulon Progo terstandarisasi CSQA

Rabu, 16 November 2022 | 21:15 WIB

Teladani semangat pahlawan untuk membangun Kulon Progo

Kamis, 10 November 2022 | 21:30 WIB
X