• Kamis, 29 September 2022

Pembahasan KUA dan PPAS Kabuputan Temanggung tahun 2023, Badan Anggaran justru jadi juri

- Senin, 8 Agustus 2022 | 21:50 WIB
Penandatanganan KUA dan PPAS Kabupaten Temanggung tahun 2023  (Arif Zaini Arrosyid)
Penandatanganan KUA dan PPAS Kabupaten Temanggung tahun 2023 (Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - DPRD Kabupaten Temanggung mengesahkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2023, Senin (8/8).

Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Temanggung Slamet mengungkapkan, melihat pembahasan PPAS tahun 2023 seperti ada yang salah.

Pasalnya, pada pembahasan PPAS tahun 2023, DPRD justru banyak mendengarkan keluhan organisasi perangkat daerah (OPD) tentang ketidak sesuaian skala prioritas yang diajukan pada saat Desk.

Baca Juga: Malaysia gagal melaju ke semifinal, Indonesia akan menghadapi Myanmar

"Ketidak sesuaian di PPAS itu baik berupa kegiatan maupun anggaran yang dialokasikan," kata Slamet, pada sidang paripurna penetapan KUA dan PPAS tahun 2023, Senin (8/8/2022).

Dia mengatakan pada pembahasan KUA dan PPAS tahun 2023, seakan Badan Anggaran (Banggar) menjadi juri, yang memutuskan prioritas dan plafon anggaran.

Dia mengemukakan perjalanan panjang perencanaan pembangunan disampaikan pihak eksekutif telah dilakukan sesuai mekanisme yang ada.

Mekanisme itu dimulai dari Musrenbang desa, kecamatan, dan kabupaten, yang dipadukan dengan rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Pokok-pokok pikiran DPRD sehingga menghasilkan rencan kerja perangkat daerah (RKPD).

Selanjutnya kata dia, masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) akan melakukan Desk dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk menentukan skala prioritas menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah sebagai draf PPAS.

Baca Juga: Ingin cari keris untuk pusaka? Sunan Kalijaga pernah sarankan ini agar hidup bisa aman dan tenteram

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Regsosek BPS Temanggung melibatkan 1.372 petugas

Rabu, 21 September 2022 | 06:30 WIB
X