• Kamis, 29 September 2022

Pergi ke luar negeri tanpa dokumen lengkap rentan jadi korban kejahatan imigran

- Kamis, 28 Juli 2022 | 16:32 WIB
Masyarakat mengakses layanan jemput bola pembuatan paspor dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta di Aula Adikarta.  (Amin Kuntari)
Masyarakat mengakses layanan jemput bola pembuatan paspor dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta di Aula Adikarta. (Amin Kuntari)

HARIAN MERAPI - Masyarakat Kulon Progo yang akan pergi ke luar negeri diwanti-wanti untuk melengkapi dokumen administrasi yang legal. Hal ini diperlukan agar tidak menjadi korban kejahatan imigran.

Pj Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana mengatakan, kejahatan yang bisa menimpa pekerja imigran di luar negeri sangat sadis.

Warga Indonesia yang bekerja di luar negeri rentan menjadi korban pelacuran di bawah umur, bekerja tanpa dibayar, disiksa, bahkan dibunuh dan diambil organ tubuhnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Kopda Muslimin diduga bunuh diri, minta maaf kepada kedua orangtua kemudian masuk kamar dan muntah

Karena itulah, pemerintah dan masyarakat harus melindungi warga yang akan pergi ke luar negeri dengan memastikan kelengkapan dokumennya.

"Jika tidak melengkapi dokumen administrasi secara legal saat pergi ke luar negeri, maka hak-hak dasar di negara tujuan sudah pasti tidak akan terpenuhi," tegas Tri Saktiyana saat membuka acara Sosialisasi Keimigrasian bertajuk Karyo Masuk Desa 2022 yang digelar Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta di Aula Adikarta Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (28/7/2022).

Sebagai upaya mencegah terjadinya kejahatan imigran, Tri Saktiyana meminta agar para panewu, lurah atau kepala desa dan masyarakat memastikan kelengkapan dokumen administrasi warga yang akan pergi ke luar negeri.

Baca Juga: Jamasan pusaka jadi tradisi wajib jelang Malam 1 Suro, simak dua cara jamasan berikut ini

Kelengkapan dokumen keimigrasian akan membuat imigran terkoneksi dengan kantor kedutaan negara tujuan.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Kulon Progo dijabat Triyono

Selasa, 20 September 2022 | 21:56 WIB

Teteg wetan resmi ditutup, pengendara mengeluh jauh

Selasa, 20 September 2022 | 21:45 WIB

Karya Bakti TNI buka akses transportasi di Girinyono

Senin, 5 September 2022 | 19:45 WIB

Puluhan seniman mainkan gamelan keliling Kulon Progo

Jumat, 26 Agustus 2022 | 20:30 WIB
X