• Kamis, 29 September 2022

Pinjaman koperasi terapkan jasa tinggi, Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo siap telusuri

- Rabu, 27 Juli 2022 | 15:50 WIB
Penyerahan hadiah lomba dalam Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo di Pantai Mlarangan Asri. (Amin Kuntari)
Penyerahan hadiah lomba dalam Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo di Pantai Mlarangan Asri. (Amin Kuntari)

HARIAN MERAPI - Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo menyatakan kesiapan untuk menelusuri keberadaan koperasi yang menerapkan pinjaman dengan jasa tinggi.

Selain itu, Dinas juga siap mendorong pembentukan lembaga koperasi di lokasi-lokasi yang banyak terdapat renternir demi meringankan beban peminjam.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo, Iffah Mufidati usai Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 di Pantai Mlarangan Asri, Pleret, Kulon Progo, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Bulan Suro saatnya jamasan pusaka, simak cara ini agar keris gilap tanpa keropos

Ia menegaskan, aktivitas koperasi harus melayani anggotanya dengan baik. "Masih menjadi PR kami untuk memberikan pemahaman bahwa koperasi harus membantu anggotanya," kata Iffah.

"Untuk lokasi-lokasi yang sekiranya terindikasi banyak rentenir misalnya pasar tradisional, kita dorong untuk membentuk lembaga koperasi. Dengan demikian, anggotanya bisa terlayani oleh koperasi dengan support dana pinjaman dari perbankan," tambahnya.

Selama ini, standar persyaratan pinjaman dari perbankan masih sulit dijangkau para pedagang yang menginginkan proses cepat, praktis dan mudah. Hal ini lah yang menjadikan pedagang terjerat renternir.

Baca Juga: Buaya serang pembonceng sepeda motor di Agam, begini kondisi korban

Karenanya, keberadaan koperasi yang bisa menaungi dan melayani anggotanya diyakini dapat memberantas renternir.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Terkini

Sekda Kulon Progo dijabat Triyono

Selasa, 20 September 2022 | 21:56 WIB

Teteg wetan resmi ditutup, pengendara mengeluh jauh

Selasa, 20 September 2022 | 21:45 WIB

Karya Bakti TNI buka akses transportasi di Girinyono

Senin, 5 September 2022 | 19:45 WIB

Puluhan seniman mainkan gamelan keliling Kulon Progo

Jumat, 26 Agustus 2022 | 20:30 WIB
X