• Kamis, 8 Desember 2022

Sidang Praperadilan Mardani Maming ditunda, ini alasan KPK tidak hadir...

- Rabu, 13 Juli 2022 | 19:15 WIB
Logo KPK (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Logo KPK (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

JAKARTA, harianmerapi.com - Sidang praperadilan dengan pemohon Mardani Maming yang seharusnya berlangsung pada hari Selasa (12/7)ditunda hingga Selasa (19/7) karena pihak KPK berhalangan hadir.

Pelaksana Tugas (Plt.) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya meminta penundaan sidang praperadilan karena masih membutuhkan waktu untuk koordinasi dan mempersiapkan administrasi.

Menurutnya, persiapan ini penting karena pihaknya sedang menyiapkan bahan jawaban pada persidangan praperadilan pekan depan.

Baca Juga: Ramalan zodiak Gemini Kamis 14 Juli 2022, habiskan sebagian besar hari dengan pasanganmu untuk kesenangan

"Proses ini penting agar persidangan ke depan dapat berjalan lancar," kata Ali dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Ali menegaskan bahwa permohonan praperadilan tersebut tidak menghalangi upaya penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi izin pertambangan yang menjerat mantan Bupati Tanah Bambu tersebut.

Pada bagian lain keterangannya, Ali menjelaskan bahwa praperadilan hanya menguji aspek sah atau tidaknya penangkapan, penahanan, dan penetapan seseorang sebagai tersangka, tidak menyentuh substansi pokok perkara.

"Jadi, tidak menyentuh aspek materiel, yaitu substansi pokok perkara yang sedang dalam penyidikan oleh KPK," ujar Ali.

Baca Juga: Keris Sabuk Inten Lambang Kejayaan, Begini Penjelasan Mpu Keturunan Majapahit

Ali mengatakan bahwa penyidikan perkara ini secara profesional dan murni penegakkan hukum sebagaimana tugas pokok dan fungsi KPK sesuai dengan undang-undang.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X