• Kamis, 18 Agustus 2022

Jokowi ke Luar Negeri, Wapres Ma'ruf Amin Pimpin Pemerintahan Hingga 2 Juli 2022, Ini Dasarnya

- Selasa, 28 Juni 2022 | 10:55 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers terkait dengan kunjungan kerja ke luar negeri di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/6/2022).  (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers terkait dengan kunjungan kerja ke luar negeri di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/6/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)



JAKARTA, harianmerapi.com - Sesuai konstitusi, bila Presiden bepergian maka yang memimpinn pemerintahan adalah wakil presiden.


Untuk itulah Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia hingga 2 Juli 2022.


Hal tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

Baca Juga: Kabar dari Tanah Suci Mekkah, 76.421 Calon Haji Indonesia Sudah Tiba di Arab Saudi, Begini Kondisinya

"Menetapkan: kesatu, menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022, atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air," demikian disebutkan dalam keppres tersebut yang diakses dari laman Sekretariat Negara pada Selasa.

Tujuan Wapres melaksanakan tugas sehari-hari Presiden tersebut dalam keppres disebutkan untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan.

Baca Juga: Kapal Wisata di Labuan Bajo Tenggelam, Petugas Masih Evakuasi Korban, 1 Ditemukan Meninggal

"Kedua, apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan kepada Presiden," demikian tertulis.

Butir ketiga ketetapan keppres adalah setelah Presiden berada kembali di Tanah Air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden.

Keppres tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkan yaitu 24 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X