• Kamis, 18 Agustus 2022

Waspada Cacar Monyet Mulai Muncul, Pemkab Temanggung Ambil Langkah Seperti Ini

- Rabu, 8 Juni 2022 | 21:40 WIB
Sub Koordinator Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sugiyarti  (Foto: Arif Zaini Arrosyid)
Sub Koordinator Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sugiyarti (Foto: Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG harianmerapi.com - Pemerintah Kabupaten Temanggung mengambil berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Cacar monyet (monkeypox), sebab cacar itu diduga telah masuk Jawa Tengah.

Sub Koordinator Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Temanggung, Sugiyarti mengatakan di Kabupaten Temanggung belum ditemukan kasus cacar monyet. Tetapi diperlukan kewaspadaan tinggi baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

“Dari data yang diterima, di Jawa Tengah ditemukan laporan dugaan kasus yang ciri-cirinya mengarah ke penyakit cacar monyet," kata Sugiarti, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Kenaikan Tarif Candi Borobudur, Evita Nursanti : Jangan Sekarang

Sugiarti mengatakan hasil pelacakan petugas, di Temanggung belum ditemukan pasien dengan gejala mirip atau mengarah pada cacar monyet.

Sedang dugaan kasus di Jateng, terangnya, tim medis masih terus melakukan investigasi dan uji klinis di laboratorium. Jadi belum dapat dipastikan. Sifatnya baru indikasi dan dugaan sementara.

Baca Juga: Mengaku Sempat Grogi, Gregoria Mariska Tanjung Kalahkan Phittayaporn Chaiwan Dua Gim Langsung

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Intan Pandanwangi mengatakan cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bersifat zoonosis atau dapat menular kepada manusia melalui hewan perantara, yakni monyet.

Penularannya dengan kontak langsung dengan hewan melalui darah, cairan tubuh, maupun kulit yang terinfeksi. Bahkan bisa juga lantaran makan hewan liar dan tidak melalui proses pemasakan dengan matang dan benar.*

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X