• Selasa, 16 Agustus 2022

Belum Ada Penghargaan untuk Pertunjukan Musikal di Indonesia, Kemendikbudristek Gelar Festival

- Selasa, 7 Juni 2022 | 19:50 WIB
Festival Musikal Indonesia (FMI).  (instagram.com/festivalmusikalid)
Festival Musikal Indonesia (FMI). (instagram.com/festivalmusikalid)

JAKARTA, harianmerapi.com - Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)akan menggelar Festival Musikal Indonesia (FMI) pada 20-21 Agustus 2022 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

Festival tersebut bekerjasama dengan Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI)

Direktur FMI Rusdy Rukmarata di Jakarta pada Selasa (7/6/2022) mengatakan, ide untuk membuat festival di bidang seni pertunjukan telah bertumbuh melalui serangkaian diskusi dengan sejumlah pihak dalam beberapa tahun terakhir.

"Ajang penghargaan untuk film, musik, dan bidang lainnya memang telah berkembang di Indonesia, namun tidak ada penghargaan untuk pertunjukan panggung atau pertunjukan musikal di Indonesia."

Baca Juga: Pimpinan Khilafatul Muslimin Tiba di Polda Metro Jaya dengan Pengawalan Ketat

Rusdy mencontohkan bagaimana kehadiran Teater Broadway beserta gelaran Tony Award yang telah berkembang di Amerika. Menurutnya, Indonesia juga memiliki akar yang kaya mengenai seni pertunjukan sejak lama dalam bentuk seperti wayang orang, wayang kulit, lenong Betawi, ludruk, dan sebagainya.

Hanya saja, kata Rusdy, gelaran FMI tahun ini belum bisa menghadirkan acara penghargaan (awarding) mengingat festival baru dimulai dan diluncurkan.

“Kita mulai dulu, nih, yang penting 'gereget'-nya ada bahwa kita mengadakan suatu pertunjukan bersama-sama dengan para komunitas atau sanggar yang selama ini sering menyelenggarakan berbagai pentas musikal,” kata Rusdy.

Baca Juga: Pengalaman Bikin Merinding, Nyaris Saja Bercinta dengan Gendruwo yang Nyamar Jadi Suami

Festival menghadirkan gala pertunjukan dari tujuh grup musikal tanah air sebagai penampil utama antara lain Artswara, EKI Dance Company, Flodanzoka, Jakarta Movin, Kampus Betawi, Swargaloka, dan Teman Production. Masyarakat yang ingin berkunjung tidak dipungut biaya untuk menonton festival ini.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini cara Moh Mahfud MD merespons kekalahan MU

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X