• Senin, 27 Juni 2022

Kasus PMK Hewan Ternak, Kementan Akan Lakukan Vaksinasi Massal Pada Populasi Ternak

- Senin, 23 Mei 2022 | 17:40 WIB
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan menyemprotkan cairan disinfektan pada sapi yang akan memasuki pasar hewan Tertek, Kediri, Jawa Timur, Senin (23/5/2022) (FOTO/Prasetia Fauzani)
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan menyemprotkan cairan disinfektan pada sapi yang akan memasuki pasar hewan Tertek, Kediri, Jawa Timur, Senin (23/5/2022) (FOTO/Prasetia Fauzani)

JAKARTA, harianmerapi.com - Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di Indonesia membuat khawatir banyak pihak.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah memproduksi vaksin PMK di dalam negeri untuk vaksin massal hewan ternak.

Menteri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, saat ini Kementerian Pertanian melalui Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) telah mengidentifikasi serotipe virus penyebab penyakit PMK yang merebak di Indonesia.

Jenis virus yang beredar di Indonesia yaitu O/ME-SA/Ind-2001e yang umum ditemukan di Asia Tenggara.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Digoda Lelembut Penghuni Rumah Bobrok, Ditawari Penghilang Dahaga Ternyata .....

Berdasarkan serotipe virus yang telah diidentifikasi tersebut, Kementan akan memproduksi vaksin di dalam negeri.

Produksi vaksin PMK pada hewan ternak ditargetkan selesai sebelum Agustus 2020 yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan vaksinasi massal pada populasi ternak.

"Insya Allah dalam waktu yang sangat singkat pada saat ini Pusvetma Kementan sedang membuat vaksin PMK yang ditargetkan selesai empat bulan atau sebelum Agustus 2022," kata Menteri Syahrul dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI di Jakarta, Senin (23/5/2022).

Mentan mengatakan vaksinasi massal akan segera dilakukan setelah vaksin diproduksi. Hewan yang akan divaksinasi ialah populasi ternak yang berpotensi terkena PMK.

Baca Juga: Tahanan Polsek Gedangsari Gunungkidul yang Kabur Berhasil Dibekuk, Bersembunyi di Sumatera Selatan

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X