• Senin, 27 Juni 2022

Pesilat Popsi Bhayu Manunggal Latihan Bersama Sekaligus Syawalan, Sesepuh Perguruan: Gerakan Harus Bertenaga

- Jumat, 6 Mei 2022 | 12:48 WIB
Sebagian pesilat dari Popsi Bhayu Manunggal saat ikut latihan bersama.  (Foto: Dok Bhayu Manunggal)
Sebagian pesilat dari Popsi Bhayu Manunggal saat ikut latihan bersama. (Foto: Dok Bhayu Manunggal)

 

SLEMAN, harianmerapi.com – Pelopor Pencak Silat Indonesia (Popsi) Bhayu Manunggal memanfaatkan libur Lebaran dengan menggelar rangkaian acara seperti latihan bersama, pengukuhan pengurus ranting Sleman bagian timur serta Syawalan.

Kegiatan dilaksanakan di halaman Joglo Mulih Ndeso, Maguwoharjo Depok Sleman, Kamis (5/5/2022), diikuti 72 pesilat POPSI Bhayu Manunggal dari beberapa daerah seperti Jepara, DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, Magelang Wonosobo dan Jogja.

Pada sesi latihan bersama, dua pesilat bertarung dengan ditonton semua pesilat dan pelatih dalam satu lingkaran. Salah satu Majlis Wali Perguruan Popsi Bhayu Manunggal, Ki Drs Suharto yang memimpin latihan bersama ikut memperhatikan dengan seksama.

Baca Juga: Ratusan Atlet Mengikuti Kejuaraan Pencak Silat, IPSI Temanggung Cari Atlet Berprestasi

“Setiap gerakan, sejak pemanasan, gerakan langkah, tangan maupun kaki hingga tarungan semua harus bertenaga,” tutur Ki Drs Suharto dalam kesempatan tersebut.

Sedangkan untuk para pelatih, lanjutnya, harus bisa menguasai semua gerakan pencak silat maupun memiliki teknik dasar kepelatihan. Tak kalah penting, seorang pelatih juga harus bisa memanfaatkan waktu secara efektif saat latihan bersama.

“Dengan kata lain, harus bisa menggunakan waktu latihan bersama dengan seoptimal mungkin,” tandasnya.

Sementara itu koordinator kegiatan, Joko Widodo menjelaskan, ujian kenaikan tingkat, masih satu rangkaian acara dalam latihan bersama tersebut diikuti 15 pesilat, terdiri 10 pelatih pemegang sabuk biru naik ke sabuk hijau.

Baca Juga: Robert Pattinson Gunakan Jurus Pencak Silat Saat Perankan Bruce Wayne di The Batman, Pattinson: Menyenangkan

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X