• Sabtu, 28 Mei 2022

Australia Sebut Tak Ada Korban Massal Akibat Tsunami Tonga

- Senin, 17 Januari 2022 | 06:45 WIB
Citra satelit NOAA GOES-West memperlihatkan letusan gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga yang memicu peringatan tsunami untuk beberapa negara kepulauan Pasifik Selatan, Sabtu (15/1/2022). Letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, sekitar 30 kilometer tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga dan sekitar 65 kilometer utara Nuku'alofa itu berdampak di seluruh Pasifik dan peringatan tsunami dikeluarkan di beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat.  (ANTARA FOTO/CIRA/NOAA/Handout via REUTERS)
Citra satelit NOAA GOES-West memperlihatkan letusan gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga yang memicu peringatan tsunami untuk beberapa negara kepulauan Pasifik Selatan, Sabtu (15/1/2022). Letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, sekitar 30 kilometer tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga dan sekitar 65 kilometer utara Nuku'alofa itu berdampak di seluruh Pasifik dan peringatan tsunami dikeluarkan di beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat. (ANTARA FOTO/CIRA/NOAA/Handout via REUTERS)

SYDNEY, harianmerapi.com - Tidak ada korban massal di Tonga setelah gunung berapi bawah laut memicu gelombang tsunami, menurut laporan awal pihak berwenang Australia pada Senin (17/1/2022).

Namun, laporan awal tersebut mencatat kerusakan parah pada jalan dan jembatan di negara kepulauan Pasifik itu.

“Pada tahap ini, untungnya, kami tidak punya laporan tentang adanya korban massal, yang jelas merupakan berita sangat baik. Tetapi informasi yang datang dari pulau-pulau terluar masih sangat terbatas,” ujar Menteri untuk Pembangunan Internasional dan Kawasan Pasifik Hon Zed Seselja.

Baca Juga: Erupsi Gunung Bawah Laut Tonga, Tidak Ada WNI Jadi Korban

Australia akan mengirim pesawat pengintai untuk menilai kerusakan. Negara-negara Pasifik dan lembaga-lembaga bantuan mulai mengoordinasikan upaya bantuan.

Sebuah gunung berapi bawah laut di perairan Tonga meletus pada Sabtu dan memicu peringatan tsunami dengan gelombang setinggi 1,2 meter.

Perintah evakuasi telah dikeluarkan di pesisir Tonga dan sejumlah kepulauan Pasifik Selatan, di mana rekaman-rekaman video di media sosial memperlihatkan ombak menghantam rumah-rumah di pinggir laut.

Baca Juga: Erupsi Gunung Bawah Laut Tonga Tidak Berdampak ke Wilayah Indonesia

Layanan internet dan telepon mati pada sekitar pukul 18.40 waktu setempat (12.40 WIB) pada Sabtu sehingga 150.000 warga di kepulauan itu benar-benar terisolasi dari dunia luar.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X