• Sabtu, 28 Mei 2022

Balap Motor Jalanan Resmi, Diyakini Dapat Minimalkan Kecelakaan

- Minggu, 16 Januari 2022 | 18:45 WIB
Ratusan pebalap motor jalanan atau yang bisa disebut joki meramaikan gelaran  (ANTARA/MENTARI DWI GAYATI)
Ratusan pebalap motor jalanan atau yang bisa disebut joki meramaikan gelaran (ANTARA/MENTARI DWI GAYATI)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Penyelenggaraan balap motor jalanan resmi diyakini dapat meminimalkan kecelakaan yang cenderung tidak tercatat dalam ajang balap motor liar.

"Kecelakaan balap liar cenderung tidak tercatat karena tidak dilaporkan. Mereka tabrakan, kecelakaan, langsung dibawa sehingga mereka tidak lapor ke kita," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat ditemui di Ancol, Minggu (16/1/2022).

Terkait dengan itu, Ajang latihan bersama (latber) balap jalanan resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jalan Binaria, Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Dengan adanya balap jalanan yang resmi ini, kecelakaan diharapkan tidak ada.

Sambodo mengatakan, setidaknya ada 39 lokasi yang sering dijadikan balap liar, berdasarkan catatan Polda Metro Jaya. Biasanya, panitia balap liar sering menutup jalan sehingga mengganggu lalu lintas kendaraan.

Baca Juga: Pakar UGM Sebut Sesaji Bagian Tradisi Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia

Karena itu, balap motor jalanan resmi diharapkan menjadi wadah bagi para pebalap yang ingin menyalurkan hobi mereka di tempat yang resmi dan telah ditentukan.

"Jadi mereka sudah punya wadah, tidak lagi melaksanakan balapan dengan menutup jalan, tetapi kita wadahi untuk balapan di tempat yang sudah ditentukan. Dengan demikian, keamanan lebih terjamin," kata Sambodo.

Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sepakat untuk menyelenggarakan balap jalanan (street racing) di Kawasan Ancol sebagai lokasi pertama untuk memfasilitasi pemilik hobi balap.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Hadiri GPDRR 2022 di Bali

Rabu, 25 Mei 2022 | 07:30 WIB
X