• Jumat, 27 Mei 2022

Terkikis Banjir, Talut Jembatan Pagerjurang Karanganyar Ambrol, Jalur ke Tawangmangu Ikut Dialihkan

- Selasa, 4 Januari 2022 | 13:57 WIB
Jembatan Pagerjurang dibatasi penggunaannya usai talud ambrol.  (Foto: Abdul Alim)
Jembatan Pagerjurang dibatasi penggunaannya usai talud ambrol. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR,harianmerapi.com-Sebagian talud jembatan sungai di Dukuh Pagerjurang Desa Wukirsawit Kecamatan Jatiyoso Karanganyar ambrol diterjang banjir. Lalu lintas kendaraan roda empat terpaksa dialihkan ke rute lain. Sebelum perbaikan, jembatan hanya boleh dilewati pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Talud tersebut terempas banjir pada Sabtu (1/1/2022). Sebagian lagi masih tegak namun sudah rapuh. Mobil tidak diperkenankan lewat untuk mengantisipasi kecelakaan.

Dengan alasan sama, jembatan juga ditutup saat malam. Kendaraan roda dua yang dibolehkan melintas diminta ekstra waspada.

Camat Jatiyoso, Heru Joko Sulistyono mengatakan sebelum longsor, kawasan tersebut diguyur hujan lebat sehingga permukaan air sungai meningkat.

Baca Juga: BNPB Catat 8,26 Juta Pengungsi Akibat Bencana Hingga 19 Desember 2021

"Kejadian ini sudah kami laporkan kepada DPU (Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang/DPUPR Karanganyar) untuk ditindaklanjuti. Sementara ini kendaraan roda empat tidak boleh lewat dulu untuk mengurangi risiko bahaya. Dan itu kan jalur alternatif sehingga mereka masih bisa lewat jalur lain. Misalnya mau ke Tawangmangu masih bisa lewat Sepanjang,” ujarnya, Selasa (4/1/2022).

Sementara itu, sukarelawan juga sudah memasang spanduk di ujung jalan yang berisi peringatan tentang jembatan rusak.

“Sebelumnya hujan cukup deras dan lumayan lama. Kemudian tiba-tiba saja sebagian talutnya longsor,” ujarnya.*

 

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X