• Senin, 17 Januari 2022

Rawan Penularan Covid-19, Belum Banyak PAUD/TK yang Diizinkan PTM

- Senin, 22 November 2021 | 18:43 WIB
Ilustrasi Covid-19  (Antara/Pexel)
Ilustrasi Covid-19 (Antara/Pexel)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Jumlah PAUD/ TK di wilayah Kulon Progo yang telah mendapat izin untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih sangat sedikit. Hal ini dikarenakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat ingin berhati-hati, mengingat PAUD/ TK dinilai sebagai fasilitas pendidikan yang paling rawan penularan Covid-19.

Kepala Disdikpora Kulon Progo, Arif Prastowo menyampaikan, jumlah PAUD/ TK di Kulon Progo saat ini sebanyak 830 sekolah. Dari sekian itu, yang telah mengantongi izin PTM baru sebanyak 30 sekolah.

"Baru sekitar 2,7 persen yang mengantongi izin PTM, mayoritas adalah TK," kata Arif, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Termasuk Shio Sapi Jika Lahir di Tahun-tahun Ini, Kenali Karakter Lengkap dengan Unsurnya

Belum banyaknya PAUD/ TK yang mengantongi izin PTM, menurut Arif, lantaran pihaknya ingin berhati-hati. Sebab dari hasil evaluasi surveilans atau swab acak pada jenjang di atasnya cukup banyak ditemukan kasus konfirmasi positif Covid-19.

"PAUD/ TK adalah jenjang yang paling rawan penularan virus. Dengan demikian, perlu ada perhatian khusus terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19 bagi siswa dan pengajar di PAUD/ TK agar benar-benar berjalan dengan baik," urai Arif.

Dalam pelaksanaan PTM bagi PAUD/ TK, Arif juga mendorong agar pengawas prokes di tiap sekolah bisa memaksimalkan pemantauan. Sehingga harapannya tidak terjadi penularan di lingkungan sekolah di Kulon Progo.

Baca Juga: Penyuluh KB Tersisa 42 Orang, Ini yang Dilakukan Pemkab Sleman

Selain itu, upaya pencegahan penularan Covid-19 di sekolah juga membutuhkan peran orangtua dalam pengawasan. Hal ini karena anak usia PAUD dan TK masih perlu pendampingan dalam penerapan prokes ketika PTM berlangsung.

"Penerapan prokes yang ketat menjadi kunci agar tidak terjadi penularan Covid-19," tegas Arif.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X