• Selasa, 24 Mei 2022

Sepakat Situs Liyangan Diusulkan Menjadi Cagar Budaya Peringkat Nasional

- Jumat, 19 November 2021 | 19:43 WIB
Forum  Group Discussion (FGD) digelar Dirjen Kebudayaan dan diikuti pegiat kebudayaan, sejarah, arkeologi, BPCB Jateng, BPN dan sejumlah tokoh di Temangggung   (Foto: Arif Zaini Arrosyid)
Forum Group Discussion (FGD) digelar Dirjen Kebudayaan dan diikuti pegiat kebudayaan, sejarah, arkeologi, BPCB Jateng, BPN dan sejumlah tokoh di Temangggung (Foto: Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Status Situs Liyangan di Lereng Gunung Sindoro menjadi cagar budaya nasional mencuat pada Forum Group Discussion (FGD), yang digelar Kemendikbud & Ristek, Jumat (19/11/2021).

Alasannya, situs yang berada di Dusun Liyangan Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo itu punya posisi yang sangat strategis dan penting apalagi ada kaitannya dengan Candi Borobudur.

Peradaban masyarakat situs Liyangan lebih tua dari peradaban masyarakat Borobudur saat itu.

Dari wacana beberapa unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud dan ristek juga mendorong agar situs Liyangan tidak hanya tingkat kabupaten tetapi juga tingkat nasional.

Baca Juga: UMK Sleman 2022 Akhirnya Tembus Rp 2 Juta, Begini Besaran Tahun-tahun Sebelumnya

Direktur Perlindungan Dirjen Kebudayaan Irine Dewiyanti mengatakan Situs Liyangan punya posisi strategis kemudian juga punya nilai yang begitu penting untuk peninggalan Mataran Kuno.

"Sehingga sebenarnya itu peringkatnya bahwa harusnya bisa ke peringkat nasional," kata Irine.

Dia mengatakan pembahasan FGD kali ini adalah hasil kajian zonasi Situs Liyangan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Dikatakan ketika satu situs ditetapkan sebagai cagar budaya maka harus ditindaklanjuti dalam konteks pelestariannya dan pelindungannya.

Baca Juga: UMK 2022 Naik, Sultan Minta Pekerja Tingkatkan Produktifitas

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasca Lebaran, Harga Sembako Mulai Normal

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:40 WIB
X