• Selasa, 7 Desember 2021

Anak Remaja pun Bisa Diadopsi, Simak Syarat-syaratnya Berdasarkan Undang-undang

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:33 WIB
Anak belajar di sekolah dalam masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Negara membolehkan pengangkatan anak pada anak usia remaja, dengan berbagai syarat ketat. (Foto : Arif Zaini Arrosyid)
Anak belajar di sekolah dalam masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Negara membolehkan pengangkatan anak pada anak usia remaja, dengan berbagai syarat ketat. (Foto : Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Meski negara membolehkan pengangkatan anak remaja, rupanya tidak sembarang anak bisa diadopsi. Syarat anak yang ditetapkan pada Undang-undang harus dipatuhi.

Tujuannya tentu agar tidak ada permasalahan hukum di belakang hari dan demi kebaikkan kedua belah pihak terutama masa depan anak yang lebih baik.
Artinya, ketidaktaatan atau menyalahi aturan akan berdampak buruk bagi anak dan kelangsungan hubungan pengangkatan anak.

Banyak kasus tersiar di media massa atau ditemukan di lingkungan tempat tinggal. Orang tua yang tidak mematuhi aturan hukum dalam pengangkatan anak kemudian bermasalah hukum.

Baca Juga: Permintaan Darah meningkat, Stok Darah di PMI Temanggung Diusahakan Aman

Memiliki anak kandung memang menjadi dambaan dari orangtua. Tetapi bila Tuhan tidak memberi karunia, langkah yang ditempuh adalah mengadopsi atau mengangkat anak.
Mengadopsi anak juga sebagai langkah untuk beribadah, selain juga membantu, menolong anak untuk masa depan yang lebih baik.

Untuk syarat anak yang diangkat berdasar aturan yang dikeluarkan oleh negeri ini meliputi usia anak angkat dan kriteria usia anak angkat.

Usia anak, misalnya adalah diperbolehkan mengangkat anak yang usia pendidikan sekolah dasar, SMP bahkan seusia SMA.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan baik SD, SMP dan SMA haruslah merupakan anak terlantar atau ditelantarkan. Mereka ini berada dalam asuhan keluarga atau dalam lembaga pengasuhan. "Dan yang pasti adalah memerlukan perlindungan khusus,"kata dia, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: Tanah Bergerak di Temanggung, Lantai Rumah Agus Retak Sepanjang 12 Meter

Sehingga, jelasnya, jika akan mengadopsi anak seusia SMA namun anak tersebut tidak memelukan perlindungan khusus tidak diperbolehkan, karena tidak memenuhi syarat.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X