• Selasa, 7 Desember 2021

Hari Santri, Wapres Minta Pesantren dan Santri Kembangkan Program yang Diberikan Pemerintah

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:53 WIB
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, memberikan pidato dalam acara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Istana Negara Jakarta, Jumat (22/10/2021).  (ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden)
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, memberikan pidato dalam acara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Istana Negara Jakarta, Jumat (22/10/2021). (ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden)

JAKARTA, harianmerapi.com - Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, meminta seluruh santri dan yayasan pondok pesantren dapat mengembangkan berbagai kebijakan dan program dukungan yang telah diberikan pemerintah. Pasalnya, pemerintah telah memberikan perhatian besar terhadap pengembangan pesantren di seluruh daerah.

"Saya berharap berbagai kebijakan dan program pemerintah hendaknya dijadikan modal awal yang harus terus dikembangkan secara optimal oleh pesantren dan para santrinya," kata dia, dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden, di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Dari sektor ekonomi, kata dia, program pengembangan bagi pesantren untuk memperkuat ekonomi dan keuangan syariah diberikan melalui pembentukan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Baca Juga: Hari Santri, 17 Pondok Pesantren Kulon Progo Terima Bantuan dari Pusat

"Kementerian dan lembaga lain pun memberikan perhatian besar terhadap pengembangan pesantren. KNEKS dengan Bank Indonesia saat ini tengah melakukan berbagai upaya peningkatan kapasitas pelaku usaha syariah," kata dia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendukung pesantren menguatkan industri keuangan syariah melalui izin pengembangan Bank Wakaf Mikro, Baitul Maal wa Tamwil, serta Lembaga Keuangan Mikro Syariah.

Selain itu, beberapa pemerintah daerah juga turut mengembangkan program One Pesantren One Product (OPOP) guna menciptakan kemandirian pesantren, santri dan masyarakat sekitar dalam meningkatkan produksi.

Baca Juga: Petugas Nyamar Jadi Pembeli Online, Satpol PP DIY Ungkap Penjualan Ribuan Batang Rokok Ilegal

"Saya telah menyaksikan sendiri berbagai produk OPOP yang terbukti berkualitas dan beberapa di antaranya telah berhasil diekspor ke mancanegara," katanya.

Oleh karena itu, dia meminta seluruh pengurus pesantren dan para santri untuk memanfaatkan dengan tepat guna seluruh program tersebut, sehingga dapat turut memajukan Indonesia.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X