• Senin, 6 Desember 2021

Pendaftaran Calon Haji Kulon Progo Dibuka Lagi, Tetapi Pemberangkatan Tunggu Keputusan Pusat

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:13 WIB
Suasana musim haji di Mekah. (Foto: Pixabay)
Suasana musim haji di Mekah. (Foto: Pixabay)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Pemkab Kulon Progo melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat terus berupaya menyiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan untuk pemberangkatan calon haji ke tanah suci. Meski demikian, terkait langkah pemberangkatan calon haji, Kulon Progo masih harus menunggu keputusan pemerintah pusat.

Kepala Kemenag Kulon Progo, Wahib Jamil menyampaikan, pendaftaran haji di Kulon Progo sudah kembali dibuka sejak 7 September 2021. Hingga pertengahan Oktober 2021, tercatat sudah ada 54 calon haji yang mendaftarkan diri.

"Pendaftaran calon haji sempat ditutup pada saat penerapan PPKM Darurat, namun kemudian dibuka lagi pada 7 September 2021," katanya, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Dua Pengunjung Tempat Karaoke di Pati Didenda Rp2 Juta

Data dari Kemenag Kulon Progo menyebutkan, pada September 2021 ada 32 calon haji yang mendaftarkan diri. Kemudian hingga pertengahan Oktober 2021, ada tambahan 22 calon haji.

"Untuk pemberangkatan calon haji, kami masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Meski demikian, kami tetap lakukan persiapan sembari berharap pandemi Covid-19 segera berakhir," imbuhnya.

Karena itulah, Wahib Jamil belum bisa menyampaikan berapa jumlah calon haji yang akan diberangkatkan. Sebab hingga kini, pihaknya juga belum mengetahui berapa kuota yang tersedia untuk Kulon Progo mengingat pihak biro umroh dan pemerintah harus benar-benar menghitung preferensi biaya umroh, swab RT-PCR, biaya karantina dan sebagainya.

Baca Juga: Beras Merah Sehatkan Jantung, Plus Normalkan Tekanan Darah

Sebelumnya, sebanyak 243 calon haji asal Kulon Progo terpaksa menunda keberangkatan ibadah haji pada 2021 akibat pandemi Covid-19. Dari sekian itu, tiga calon haji meninggal dunia dan dua di antaranya digantikan anaknya, serta lima calon haji mencabut biaya pelunasan.

Di sisi lain, ada sekitar 12.000 orang yang masuk dalam daftar tunggu calon haji Kulon Progo. Mereka diperkirakan akan berangkat ke tanah suci pada 2052 mendatang.*

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X