• Senin, 6 Desember 2021

Peringati Hari Pangan Dunia, Pemkot Pekalongan Bagikan 300 Bibit Cabai Gratis

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:14 WIB
Pengurus PPK Pemerintah Kota Pekalongan sedang memilih bibit cabai yang dibagikan secara gratis.  (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)
Pengurus PPK Pemerintah Kota Pekalongan sedang memilih bibit cabai yang dibagikan secara gratis. (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

PEKALONGAN, harianmerapi.com - Dalam rangkaian peringatan Hari Pangan Dunia dan upaya menjaga ketahanan pangan, Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, membagikan bibit cabai rawit gratis kepada masyarakat.

Disampaikan Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Pangan Kota Pekalongan Moh Karmani di Pekalongan, Minggu (17/10/2021), pembagian sebanyak 300 bibit cabai gratis ini sebagai upaya pemenuhan pangan dan menjaga ketahanan pangan masyarakat.

"Ratusan bibit cabai ini dibagikan karena untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan komoditas cabai yang menjadi bagian penyumbang inflasi dan harganya sering mengalami fluktuatif di pasaran," katanya.

Baca Juga: Bercerita Tentang Gadis dengan Impian Besar, Film YUNI Tayang Terbatas di Jogja

Karmani menambahkan saat ini ketahanan pangan di daerah yang dihitung dari indikator pola pangan harapan (PPH) dan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2021 mendapatkan skor 81,7.

Angka itu, kata dia, memang turun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 83.

"Turunnya angka susenas itu karena dampak pandemi Covid-19 dengan pembatasan-pembatasan yang ada. Hal itu membuat tingkat konsumsi pangan masyarakat berkurang," katanya.

Baca Juga: Sekolah Favorit Tapi Angker, Tiap Malam Terdengar Suara Gamelan

Ia berharap pada 2022, kondisi ekonomi dan pandemi akan semakin kondusif, serta didukung oleh anggaran yang ada, maka bisa semakin meningkat ke depannya.

"Kami mengupayakan dengan melaksanakan kegiatan penganekaragaman pangan melalui lomba cipta menu berjenjang, pelatihan, dan merintis semakin banyak kelompok baru kegiatan pekarangan pangan lestari (P2L) agar pemenuhan sandang, pangan, dan papan pada 2022 bisa semakin baik," katanya. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Kuliner Salatiga yang Melegenda Akan Dibranding

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:50 WIB
X