• Senin, 6 Desember 2021

Ratusan Sapi PO dan Kambing PE Ramaikan Kontes Ternak Kulon Progo

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:27 WIB
Kontes ternak di Pasar Hewan Terpadu, Pengasih Kulon Progo.  (Amin Kuntari)
Kontes ternak di Pasar Hewan Terpadu, Pengasih Kulon Progo. (Amin Kuntari)

 

KULON PROGO, harianmerapi.com - Ratusan sapi Peranakan Ongole (PO) dan kambing Peranakan Etawa (PE) mengikuti kontes ternak di Pasar Hewan Terpadu, Pengasih, Kulon Progo, Rabu (13/10/2021).

Kontes ternak digelar dengan tujuan memotivasi peternak dalam memproduksi bibit berkualitas sekaligus mengapresiasi peternak yang telah membibitkan kualitas unggul.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Muh Aris Nugroho mengatakan, kontes ternak merupakan program tahunan yang digelar pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Peternakan UGM. Kontes ternak digelar untuk memperingati Hari Jadi ke-70 Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga: Muncul Klaster Baru , Pemda Khawatir DIY Tidak Turun Level PPKM

"Kontes ternak juga dapat meningkatkan pendapatan karena hewan yang menang kontes kalau dijual harganya jadi mahal," kata Aris.

Dalam kontes, ada empat kategori yang dilombakan untuk sapi yakni PO pejantan, PO calon pejantan, PO induk dan PO calon induk. Sementara untuk kambing, ada enam kategori meliputi PE pejantan, PE calon pejantan, PE induk dan PE calon induk.

"Selain itu, tahun ini juga ada kategori baru yakni kambing PE anakan pejantan dan kambing PE anakan betina," ucapnya.

Baca Juga: Penebalan Tenaga Kesehatan DIY, Untuk Edukasi Perubahan Perilaku Masa Pandemi Covid-19

Dalam kontes ternak tahun ini, hewan yang menjadi peserta sebanyak 211 ekor terdiri dari sapi 47 ekor, kambing PE dewasa 100 ekor dan kambing PE anakan 64 ekor. Ketua dewan juri dari UGM, I Gede Suparta Budisatria mengatakan, ada kriteria utama dalam penilaian kontes ternak.

"Di antaranya kuantitatif panjang dan tinggi badan, lingkar dada dan berat badan hewan serta kualitatif karakterisitik sapi PO dan kambing PE," jelasnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X