• Senin, 6 Desember 2021

Kulon Progo Siap Pertahankan Status Daerah Tanpa Rabies

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 18:25 WIB
Peringatan Hari Rabies Sedunia secara virtual yang diikuti Pemkab Kulon Progo  ((Amin Kuntari))
Peringatan Hari Rabies Sedunia secara virtual yang diikuti Pemkab Kulon Progo ((Amin Kuntari))

KULON PROGO, harianmerapi.com - Kulon Progo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang bebas rabies. Pemkab setempat kemudian menyatakan kesiapan untuk mempertahankan status Kulon Progo bebas rabies.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan, di Kulon Progo saat ini tidak terdapat kasus rabies. Karenanya, pihaknya menyatakan kesiapan untuk mempertahankan kondisi tersebut.

"Kami akan berupaya agar Kulon Progo tetap bebas rabies," kata Sutedjo, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: SMA N 2 Wates Punya Gedung Parkir Serbaguna. Dibangun Secara Swadaya dengan Biaya Rp1,7 Miliar

Diakui Sutedjo, ancaman penyakit rabies tetap ada meski Kulon Progo saat ini berstatus bebas rabies. Pemkab siap melaksanakan upaya pencegahan rabies, salah satunya melalui program vaksinasi.

"Kami menyambut baik acara peringatan Hari Rabies Sedunia. Acara ini bisa mengingatkan kita mengenai ancaman rabies yang tetap berpotensi ada," ucapnya.

Sebelumnya, peringatan Hari Rabies Sedunia telah digelar secara virtual dan diikuti Pemkab Kulon Progo melalui zoom meeting di Command Room, Dinas Kominfo Kulon Progo, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Massal, Dari Masjid Kuat dan Sehatkan Indonesia

Hari Rabies Sedunia merupakan sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada 28 September setiap tahun. Peringatan Hari Rabies Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies.

Dalam sambutannya, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan, dalam peringatan Hari Rabies Sedunia telah digelar sejumlah kegiatan. Di antaranya distribusi 300.000 dosis vaksin dan dilanjutkan vaksinasi masal di 30 provinsi dan 50 persen kabupaten/ kota di Indonesia.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X