• Kamis, 20 Januari 2022

Warga Kepuharjo di Lereng Gunung Merapi Gelar Upacara 'Becekan Dandan Kali'

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 19:20 WIB
Warga Kepuharjo bahu-membahu mempersiapkan memasak daging kambing  (Foto: Samento Sihono)
Warga Kepuharjo bahu-membahu mempersiapkan memasak daging kambing (Foto: Samento Sihono)

SLEMAN, harianmerapi.com - Guna melestarikan kebudayaaan, ratusan warga Desa Kepuharjo Cangkringan Sleman di bawah lereng Gunung Merapi, menggelar upacara adat 'Becekan Dandan Kali' di Sungai Gendol.

Meski dalam situasi Pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat masyarakat untuk tetap melestarikan tradisi itu. Becekan merupakan warisan leluhur yang sudah turun temurun berjalan sejak puluhan tahun lalu.

Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto, Jumat (1/10/2021) mengatakan, tradisi ini diikuti oleh warga di tiga Dusun, yaitu Manggong, Kepuh dan Pagerjurang. Pelaksanaanya dilakukan setiap hari Jumat Kliwon setiap tahun sekali.

Baca Juga: Dinas Kebudayaan DIY Adakan Pentas Seni Daring Desa Budaya

Dikatakan, karena di masa pandemi, maka Becekan kali ini digelar lebih sederhana. Warga menyembelih empat ekor Kambing Jawa yang dibeli secara swadaya, lalu kenduri dan membagikan olahan daging ke masyarakat.

"Tradisi Becekan tahun ini tidak ada acara penunjang seperti kirab, karena masih di masa pandemi. Hanya perwakilan masing-masing RT di Dusun Kepuharjo," katanya.

Menurut Heri, tradisi ini diselenggarakan setiap musim keempat hitungan Jawa dan pada hari Jumat Kliwon. Ada empat ekor Kambing Jawa yang disembelih dalam acara yang digelar mulai pagi hingga siang ini.

Baca Juga: Mengenal Istilah Kata ‘Sultan’ yang Marak Digunakan di Media Sosial

Sesuai tradisi, mulai penyembelihan kambing, memasak hingga menyajikan, dilakukan seluruhnya oleh kaum laki-laki. Hal ini untuk menjaga sumber-sumber yang ada di sekitar Sungai Gendol agar tetap Lestari.

"Tradisi ini sekaligus meminta keselamatan masyarakat yang bekerja di sungai dan meminta agar turun hujan," pungkasnya. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X