• Sabtu, 4 Desember 2021

Viral Ratusan Warga di Aceh Tolak Divaksin dan Melakukan Perusakan, Begini Kronologi Versi Polisi

- Rabu, 29 September 2021 | 12:32 WIB
Posko vaksinasi di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga Aceh Barat Daya rusak usai aksi penolakan vaksinasi. (Foto: instagram @kabaraceh)
Posko vaksinasi di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga Aceh Barat Daya rusak usai aksi penolakan vaksinasi. (Foto: instagram @kabaraceh)

BANDA ACEH,harianmerapi-Jagad maya dihebohkan dengan ricuh vaksinasi di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya). Ratusan orang menyerbu pelaksanaan vaknsiasi dan melakukan perusakan.

Polda Aceh pun kemudian memeberkan kronologinya. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy menjelaskan seperiti dikutip dalam akun instagram @kabaraceh, Rabu (29/9/2021) mengatakan jika perusakan itu diduga karena kurangnya edukasi.

Awalnya mereka yang berjumlah sekitar 300 orang, sebagian besar nelayan dan pedagang ikan marah tak mau mengikuti vaksinasi pihak Polsek Susoh bersama Koramil/04 Susoh, Pol Airud, dan Puskesmas Sangkalan.

Baca Juga: Pemkot Yogya Targetkan Vaksinasi Selesai Oktober 2021

Dari penyelidikan yang dilakukan Polda Aceh, para nelayan itu marah setelah vaksiasi itu menyebabkan pengunjung di PPI Ujung Serangga sepi dan mempengaruhi pendapatan mereka.

Selanjutnya ratusan orang itu mendatangi kegiatan vaksinasi dan melakukan perusakan. Dalam video yang viral, mereka mengusir para nakes dan juga merusak fasiilitas vaksinasi.

Terait perusakan ini, Winardy menjelaskan pihaknya akan melakukan penyelidikan. Sebab kerusakannya lumayan parah.

Baca Juga: Lisa Amelia Karyawan Swalayan di Lampung Juga Terancam Pidana Usai Viral Postingan Slip Gaji

Di mana satu posko gerai vaksinasi rusak, sejumlah dosis vaksin rusak, alat medis berupa masker, handsanitizer, alat tensi, jarum suntik dan obat-obatan rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Selain itu, sebut Winardy, satu seorang tenaga kesehatan (vaksinator) bernama Fanni Eprilia Tika (28) mengalami lebam pada bagian betis belakang sebelah kanan akibat terkena benturan kursi plastik.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asrama Haji Akan Dijadikan Tempat Karantina Jemaah Umrah

Minggu, 28 November 2021 | 20:05 WIB
X